Home / Artikel Kesehatan / Gula Dan Madu Bersihkan Komedo Di Hidung Dan Dahi

Gula Dan Madu Bersihkan Komedo Di Hidung Dan Dahi

Komedo di area T pada wajah yaitu di dahi dan hidung sering dialami orang, terutama mereka yang memiliki kulit berminyak. Komedo yang penampakannya menyerupai bintik-bintik kecil berwarna hitam (komedo hitam/blackheads) pada kulit ini disebabkan oleh akumulasi sebum dan kotoran sehingga menyumbat pori-pori.

Kebanyakan orang melakukan scrubing atau menggunakan masker dengan daya rekat yang kuat untuk mengelupas komedo dari kulit. Namun tak jarang hal ini justru membuat kulit jadi iritasi bahkan kulit jadi luka. jika Anda ingin menghindari resiko tersebut maka sebaiknya lakukan perawatan komedo dengan cara-cara alami.

Cara alami menghilangkan komedo bisa mengguanakan madu dan gula. Dalam  hal ini gula yang digunakan adalah brown sugar/ gula palm. Caranya:

Siapkan 1 sdm gula tetes tebu (brown sugar) lalu campurkan dengan 1 sdt madu. Aplikasikan ramuan tersebut ke area kulit yang berkomedo, gosok perlahan selama sekitar 3-5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk bersih, setelah itu bisa oleskan minyak zaitun untuk menjaga kelembapannya.

Gula dapat berfungsi sebagai scrub untuk melunturkan komedo membandel juga kandungan asam hidroksi alfa yang dimilikinya bisa bantu membersihkan racun dan kotoran dari pori-pori kulit wajah. Madu dapat menjadi anti bakteri dan melembabkan kulit, Sifatnya yang lengket dapat membantu mengangkat komedo sampai bersih.

Sebaiknya lakukan penguapan atau steaming pada wajah agar pori-pori wajah terbuka dan komedo jadi lunak. Ini akan memudahkan komedo terangkat scrub gula dan madu.

Selamat mencoba!

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...