Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Teh Hijau Untuk Kendalikan Kolesterol Darah Dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kendalikan Kolesterol Darah Dan Menurunkan Berat Badan

Beribu-ribu tahun yang lalu masyarakat Cina telah mengonsumsi teh hijau untuk tujuan meditasi dan kesehatan. Kini teh hijau telah dikenal luas di dunia, bahkan telah menjadi minuman favorit kebanyakan orang, karena rasanya yang unik dan dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan.

Teh hijau berasal dari pohon teh biasa, bedanya teh hijau melalui proses fermentasi dan pemanasan dengan mengukus teh lalu dipanaskan lagi untuk mencegah radikal bebas atau oksidasi. Di dalam teh hijau terdapat 15 kandunga,n dan kandungan di dalam teh hijau yang paling penting untuk membakar lemak di tubuh Anda adalah kafein, katekin, dan epigalokatekin galat. Tiga kandungan ini menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition berkontribusi besar untuk membakar lemak di tubuh Anda.

Bagaimana cara kerja green tea/ teh hijau untuk membakar lemak?

Kafein, katekin dan epigalokatekin galat memberikan pengaruh pada metabolisme tubuh seseorang. Proses penting dalam membakar lemak di dalam tubuh adalah bagaimana lemak dapat diproses engan metabolisme tubuh dan larut ke dalam aliran darah Anda. Kandungan senyawa aktif yang berkhasiat dalam teh hijau dapat mengoptimalkan proses pembakaran ini.

Zat Antioksidan di dalam teh hijau yaitu epigalokatekin galat dapat berkhasiat membantu menghambat enzim yang dapat memecah hormon norepinefrin. Hormon ini memicu sistem saraf untuk mengirimkan sinyal kepada lemak untuk larut dan berpindah ke aliran darah. Semakin banyak produksi hormon norepinefrin yang ada di dalam tubuh maka semakin kuat sinyal yang dikirimkan. Dengan demikian makin banyak lemak yang dapat terbakar di dalam tubuh. Lemak yang larut dalam darah akan digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh, sehingga penurunan berat badan dapt berlangsung lebih cepat.

Kandungan epigalokatekin galat atau EGCG di dalam Teh Hijau inilah yang meningkatkan hormon untuk membakar lemak di dalam tubuh Anda. Menurut penelitian, Teh hijau atau green tea sangat efektif membakar lemak saat Anda melakukan olahraga. Namun sebaiknya tidak menggunakan  green tea atau teh hijau sebagai jalan pintas untuk jadi kurus, green tea sangat membantu apabila Anda menjalankan pola diet yang efektif. J

Teh Hijau memiliki khasiat yang luar biasa karena memiliki banyak kandungan zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan zat aktif itu antara lain:

Katekin, epikatekin, galokatekin , epikatekingalat, epigalokatekin, epigalokatekingalat
Mineral (kalsium, besi, seng dan lain-lain)
Vitamin A, B1, B12, C, E, dan K
Asam gallic
Minyak atsiri
Karoten
Serat makanan larut
Karbohidrat.
Flavonoid
Kafein
Fluoride
Quercetin
Kaempfrol
Myricetin
Klorofil

1. Manfaat catechin

Kandungan catechin dalam teh hijau merupakan khasiat utamanya . Catechin merupakan antioksidan yang dapat memerangi kerusakan sel hingga mencegah kerusakan sel-sel yang penting dalam tubuh. Teh hijau merupakan jenis teh yang tidak mengalami banyak proses sehingga masih kaya akan catechin.

2. Menyehatkan  jantung

Minum teh hijau secara rutin dan teratur membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan kadar kolesterol. Banyak sekali penelitian terkini yang menunjukkan adanya khasiat green tea yang mencegah tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

3. Tingkatkan kesehatan otak

Apa yang baik bagi jantung mempunyai efek domino yang baik bagi otak. Otak membutuhkan adanya pembuluh darah yang sehat. Teh hijau atau Green tea yang diminum secara teratur mampu meningkatkan aktivitas otak di wilayah memori dan dapat membantu menghindarkan otak dari pembentukan plak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

4. Gula darah yang normal

Teh Hijau atau Green tea juga mampu menjaga kadar gula darah tetap seimbang, terutama pada mereka yang mengidap diabetes. Catechin mampu menjaga kolesterol dalam darah tetap rendah dan juga mengontrol tekanan darah. Meminum teh hijau juga melindungi tubuh dari kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh lemak jahat.

5. Mengubah cara kerja metabolisme tubuh

Teh Hijau dapat mengubah dan meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga kalori yang diterima tubuh dibakar lebih banyak.

6. Membantu tubuh dan pikiran untuk tetap rileks

Teh pada umumnya dapat membuat peminumnya merasa tenang dan rileks. Inilah sebabnya orang cina pada jaman dulu menggunakannya sebagai bagian dari meditasi.  Kandungan yang dapat bekerja sebagai relaksan diperoleh dari asam amino yang disebut theanine yang membuat tubuh dan pikiran lebih tenang.

Check Also

Ilmuwan Buktikan Kurma Ajwa Mengatasi Sihir dan Dengki

Terkait dengan Sihir ,para pakar telepati inggris menyampaikan hasil penelitian di sebuah majalah telepati , ...

...