Home / Artikel Kesehatan / Setelah Membaca Ini Anda Akan Meninggalkan Minyak Sawit Dan Beralih Ke Minyak Kelapa

Setelah Membaca Ini Anda Akan Meninggalkan Minyak Sawit Dan Beralih Ke Minyak Kelapa

Nenek moyang kita juga semenjak dulu menggunakan minyak kelapa yang dikenal sebagai minyak kletik untuk pengobatan dan kosmetik, diantaranya untuk menyuburkan rambut, mengatasi ruam dan penyakit kulit, untuk minyak terapi pijat, dan untuk ibu hamil yang konon agar mudah melahirkan. Dan memang terbukti memiliki khasiat sebagai antioksidan dan anti mikroba.

Ternyata minyak kelapa memang baik dan banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Suatu penelitian pada tahun 1981 di wilayah Polynesia yang sumber energi utamanya dari minyak kelapa menemukan bahwa keadaan kesehatan kardiovaskular penduduk di daerah itu sangat baik. Hasil itu menunjukan bahwa menggunakan minyak kelapa tidak membahayakan kesehatan. Fakta ini sama dengan apa yang dikatakan oleh Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, jika asam lemak jenuh dikomsusmsi sewajarnya tidak akan membahayakan kesehatan.

Dan menurut tulisan itu bahwa lemak jenuh alami dalam minyak kelapa sebenarnya baik untuk kita dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mendalam, seperti:

#Meningkatkan kesehatan jantung.
#Meningkatkan tiroid
#Meningkatkan metabolisme
#Dapat menurunkan berat badan
#Mendukung sistem kekebalan tubuh Anda

Tentu Anda bertanya-tanya, lalu mengapa minyak kelapa diberitakan sebagai baing keladi penyakit jantung?Masih ingat jaman dulu ketika tanaman kelapa, kopra dan minyak kelapa masih jadi rajanya? Lalu tiba-tiba industri minyak kelapa ini tenggelam seiring dengan meningkatnya permintaan minyak sawit. Minyak kelapa terlanjur diisukan tidak sehat dan mau tidak mau kita terpaksa mengkonsumsi minyak yang melimpah di pasaran yaitu minyak sawit yang katanya “lebih sehat”, tentunya dengan propaganda bahwa minyak sawit ini diproduksi dengan cara 2x, 3x, atau 4x penyaringan, dengan tambahan vitamin A, beta karoten dll didalamnya?

Sepertinya kita sedang  dibodohi, melimpahnya ketersediaan minyak sawit di pasaran bukan karena minyak ini lebih sehat, namun lebih pada keunggulan ekonomis. Kelapa sawit memang lebih produktif dan menghasilkan minyak lebih banyak, namun secara kualitas, minyak kelapa jauh lebih baik. Minyak kelapa tidak perlu 4x penyaringan dan tidak perlu menambahkan nutrisi kedalamnya. Toh kita mendapatkannya dari makanan yang lain.

Memang secara visual kadang minyak kelapa terlihat kurang menarik. Biasanya minyak kelapa akan menjadi padat (istilahnya tidur) pada temperatur dingin. Namun, Jangan khawatir, karena pembekuan ini tidak ada pengaruhnya dengan manfaat sehatnya.

sumber: http://healindonesia.com/2009/03/01/jika-anda-sayang-keluarga-segeralah-ganti-minyak-goreng-anda-dengan-minyak-kelapa/

Dan dari berbagai sumber.

 

 

Check Also

Minuman Dari Bayam Ampuh Mempercepat Penurunan Berat Badan, Memacu Metabolisme Dan Melancarkan BAB

Apakah Anda bangun dan merasa begitu lelah dan pegal-pegal yang membuat Anda ingin kembali ke ...

...