Home / Artikel Kesehatan / Teh Oregano Menyembuhkan Batuk, Sinusitis, Asma, Bronchitis, Rematik, Dan Infeksi

Teh Oregano Menyembuhkan Batuk, Sinusitis, Asma, Bronchitis, Rematik, Dan Infeksi

Oregano merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga mint (Lamiaceae). Tanaman Oregano yang hijau segar sekilas mirip dengan daun mint namun ukurannya lebih kecil. Biasanya untuk campuran makanan Anda bisa gunakan oregano yang sudah dikeringkan karena lebih keluar aromanya dan tentunya tidak begitu pahit ketika dimakan. Oregano yang sudah dikeringkan memilki warna coklat pucat dan ukurannya sangat kecil seperti bubuk karena pada saat pengeringan teksturnya jadi rapuh dan mudah hancur. Selain pasta, oregano juga digunakan pada pembuatan pizza. . Bahan kimia yang memberikan ramuan bau yang unik dan menyenangkan nya adalah thymol, pinene, limonene, carvacrol, ocimene dan caryophyllene.

Nilai gizi  Daun Oregano

Vitamin A, C, E dan K, serat, kalsium, niasin, mangan, folat, magnesium, besi, dan karotenoid lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin semua ditemukan dalam oregano. Kekuatan antioksidan-nya dan sifat pencegahan penyakit-nya terbukti luar biasa. Rempah Mediterania yang harum ini dapat membantu tubuh untuk detoksifikasi, sehingga bermanfaat untuk memperbaiki berbagai kondisi penyakit termasuk menyeimbangkan hormon.

Oregano termasuk dalam daftar 175.925 oxygen radical absorbance capacity atau nilai ORAC, oregano memiliki salah satu peringkat aktivitas antioksidan tertinggi, yang sangat baik untuk menetralisir radikal bebas. Untuk mendapatkan gambaran penuh, oregano dalam kemasan memiliki khasiat antioksidan 42 kali lebih besar dari buah apel. Flavonoid termasuk karotenoid lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin.

Oregano kering mengandung banyak zat berkhasiat, termasuk sekitar 3% minyak esensial volatile. Selain minyak atsiri, konstituen lainnya termasuk borneol, asam rosmarinic, triterpenoid, dalam bentuk asam ursolic dan oleanolic.

Oregano Dalam Memasak: Mengurangi Oksidasi Hingga 71 Persen

Citarasa hangat dan aromatik Oregano ini bekerja dengan baik dalam banyak makanan (bukan hanya masakan Italia). Coba tambahkan oregani ke dalam saus salad Anda, sayuran, atau telur, untuk pemula. Selain itu yang terbaik menggunakan oregano dalam bumbu daging sebelum memasak, yang dapat membantu mengurangi senyawa beracun yang diciptakan selama proses memasak.

Satu studi menemukan bahwa menambahkan rempah-rempah campuran yang kaya antioksidan  termasuk oregano untuk daging sebelum memasak mengurangi tingkat malondialdehid (penanda kimia untuk oksidasi) di daging sebesar 71 persen dan tingkat dalam urin sebesar 49 persen. Para peneliti menggunakan campuran:

– Cengkeh
– Kayu manis
– Oregano
– Rosemary
– Jahe
– Lada hitam
– Paprika
– Bubuk bawang putih

Bagaimana Menggunakan Oregano Untuk Manfaat Kesehatan

Oregano dapat diberikan dengan berbagai cara untuk mendapatkan efek yang menguntungkan. Anda dapat menggunakan daun oregano segar atau kering, dalam bentuk minyak, atau dalam bentuk suplemen.

Membuat TEH OREGANO

Teh Oregano dapat dibuat dengan oregano segar atau kering. Ambil sekitar 1 sampai 2 sendok teh, yaitu 5 sampai 10 gram Oregano kering, seduh dalam secangkir air panas selama kurang lebih 5 menit. Dosis yang dianjurkan teh ini sampai tiga kali sehari.

Minyak oregano dapat diterapkan topikal untuk pengobatan infeksi mikroba, seperti “kaki atlet” atau infeksi jamur lainnya. Minyak harus diencerkan sampai  50% atau lebih sebelum aplikasi dan dapat diterapkan dua kali sehari.

 

sumber:http://juicing-for-health.com/oregano-tea-for-healing

Check Also

5 Kebiasaan Ini Sering Dilakukan Orang Setelah Makan Ternyata Merusak Kesehatan

Seringkali, setelah makan kenyang, kita merasa merasa mengantuk. Pada hari libur, kadang-kadang kita akan kembali ...

...