Home / Artikel Kesehatan / 5 Kebiasaan Ini Sering Dilakukan Orang Setelah Makan Ternyata Merusak Kesehatan

5 Kebiasaan Ini Sering Dilakukan Orang Setelah Makan Ternyata Merusak Kesehatan

Seringkali, setelah makan kenyang, kita merasa merasa mengantuk. Pada hari libur, kadang-kadang kita akan kembali ke tempat tidur setelah makan siang untuk bermalas-malasan. Kebanyakan  perokok akan pergi untuk mengisap rokok segera setelah makan. Lainnya ingin meminum secangkir teh karena berpikir itu akan membantu mereka mencerna makanan. Banyak dari kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah 5 kebiasaan buruk setelah makan yang harus Anda hindari :

Tidur

Jika Anda langsung tidur setelah makan, Anda akan merasa masih kekenyangan saat bangun tidur. Ternyata tidur membuat makanan tidak dicerna dengan baik. tentu saja ini akan membawa dampak buruk bagi kesehatan jika sering dilakukan. Kebiasaan ini akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti asam lambung dan GERD.

Merokok

Dikatakan bahwa merokok setelah makan setara dengan merokok 10 batang. Tidak peduli seberapa benar atau salah pendapat ini, merokok memang berbahaya untuk tubuh Anda dan Anda tidak harus merokok bagaimanapun.

Mandi

Sebaiknya Anda menunda waktu Mandi selama pencernaan Anda penuh dengan makanan. Darah yang seharusnya  menyuplai energi untuk pencernaan justru akan mengalir ke bagian lain dari tubuh selama mandi, ini kana mengganggu fungsi pencernaan. Tunggulah beberapa saat sebelum memutuskan untuk mandi setelah makan.

Makan Buah-buahan

Bahan makanan yang berbeda memerlukan waktu cerna yang berbeda. Pertama-tama makanlah buah-buahan karena buah adalah yang paling mudah untuk dicerna. Buah-buahan harus dimakan satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Buah tidak akan dicerna dengan baik jika Anda makan mereka secara langsung setelah makan.

Minum Teh

Daun teh bersifat asam dan akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika Anda mengkonsumsi protein dalam makanan, asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein, sehingga sulit untuk dicerna. Minum teh setelah makan juga akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Hindari teh satu jam sebelum dan sesudah makan.

 

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...