Home / Artikel Kesehatan / 5 Gejala Awal Kanker Payudara Yang Sering Diabaikan

5 Gejala Awal Kanker Payudara Yang Sering Diabaikan

Gejala awal dari kanker payudara kerap kali tak disadari penderitanya, padahal sebaiknya tanda-tanda awal dari penyakit ini harus selekasnya diketahui terlebih pada wanita, karena deteksi awal dari penyakit ini menentukan keberhasilan pengobatan dari penyakit dengan resiko kematian ini.

Kanker payudara timbul lantaran adanya sel- sel yang tumbuh abnormal pada jaringan payudara. Sel-sel ini tumbuh tak terkendali hingga pertumbuhannya tidak teratasi. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menghawatirkan, karena pada awal-awal terjadinya tidak memberikan tanda-tanda yang berarti pada tubuh.

Tanda- tanda kanker payudara baru akan terlihat setelah kanker menyebar dan berkembang pada stadium lanjut. Yang mengerikan bila kanker payudara sudah kronis kanker ini dapat menyebar ke organ-organ penting lainnya.

Kenali gejala awal kanke payudara!

1. Perubahan bentuk dan warna

Rutinlah memeriksa payudara anda. Amati bila saja ada perubahan
seperti adanya benjolan, pergantian warna kulit yang jadi kemerahan atau ada penebalan pada kulit di sekitarnya, ataupun adanya kerutan pada kulit payudara. Tanda-tanda ini mesti diwaspadai, karena bisa jadi merupakan gejala awal kanker payudara.

2. Rasa nyeri Yang tak hilang-hilang

Bila ada rasa saki atau nyeri di bagian payudara yang tak kunjung hilang, sebaiknya anda waspada. Meskipun rasa nyeri itu tidak selalu berarti adanya kanker, namun sebaiknya jangan diabaikan  tak ada kelirunya jika anda berkonsultasi pada dokter apabila anda sering merasa nyeri terutama jika nyeri itu berlansung lama.

3. Keluar cairan

Cairan yang dimaksud bukan ASI, akan tetapi caian ini cairan tak wajar misalnya darah bercampur nanah. Ada banyak cairan yang dapat menjadikan indikator dari kanker payudara, yaitu cairan yang berwarna hijau, atau cairan yang tercampur darah yakni cairan keluar dari jaringan tumor atau kanker.

4. Perbesaran pada kelenjar getah bening

Apabila anda mengalami perbesaran atau pembengkakan pada kelenjar getah bening terutama dibagian ketiak, paha atau leher ditambah lagi apabila benjolan itu terus membesar, sebaiknya jangan abaikan sinyal tubuh yang cukup serius ini, karena ini mungkin cara tubuh memberi tahu Anda bahwa ada kanker.

5. Terdapat eksema atau erosi pada puting susu

Eksema dapat berlangsung karena puting susu tertarik ke dalam dan mengkerut lantas berubah jadi luka borok dan dapat membusuk hingga mengakibatkan kerusakan payudara.

Semoga kita dan orang yang kita sayangi terhindar dari segala penyakit, terutama penyakit kanker payudara ini, aamiin…

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...