Home / Artikel Kesehatan / 5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah kanan di atas perut, organ ini memiliki banyak fungsi (yaitu sekitar 500 proses yang berbeda, sesuai yang disebutkan dengan buku-buku rujukkan), Termasuk detoksifikasi, sintesis protein, dan produksi berbagai biokimia. Hati mendukung hampir setiap organ lain di dalam tubuh dan sehingga kesehatan hati sangat penting bagi kesehatan keseluruhan tubuh dan saat ini belum ada organ buatan atau perangkat yang mampu meniru semua fungsi hati.

Hati bisa rusak oleh kebiasaan buruk dan konsekuensi dari kerusakan hati dapat menjadi sangat serius hingga berdampak fatal. Namun satu hal yang menarik tentang hati adalah bahwa ia memiliki kemapuan untuk regenerasi.

Perbaikan gaya hidup dapat mempercepat hati dalam memulihkan diri. Berikut adalah 5 dari kebiasaan buruk yang paling penting untuk diperhatikan karena dapat membahayakan hati Anda.

1. Konsumsi Alkohol berlebihan

Ini adalah salah satu penyebab langsung paling umum dari kerusakan hati. Gangguan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan termasuk hepatitis alkoholik, perlemakan hati, dan sirosis. Alkohol adalah racun yang akan membebani kerja hati .

2. Pola Makan Dan Obesitas

Pola makan yang buruk dapat membahayakan hati secara bertahap dari waktu ke waktu karena membuat hati harus bekerja lebih keras untuk memproses toksin. Juga, penumpukan lemak pada hati dapat menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol.

3. Konsumsi  Obat

Obat-obatan tertentu terkenal karena memberiikan dampak pada kerusakan hati,  terutama parasetamol dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker. Namun banyak zat kimiawi buatan yang sangat beracun untuk hati. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat mengakibatkan gagal hati akut dan kematian telah dikaitkan dengan ibuprofen.

4. Merokok (Tobacco)

Merokok tidak hanya merugikan paru-paru tetapi juga merugikan hati. Banyak zat beracun terhirup dalam asap rokok menemukan jalan mereka ke hati dan menambah beban beracun pada hati.

5. Bergadang

Mengejutkan…..Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kurang tidur membuat  hati rentan terhadap stres oksidatif, yang memainkan peran penting dalam pembentukan atau perkembangan dari jumlah penyakit metabolik yang dipicu karena kurang tidur. Kurang tidur juga telah terlibat dalam berbagai kondisi lain termasuk neurobehavioral, kardiovaskular dan morbiditas metabolik, hipertensi, atherosclerosis dan resistensi insulin.

sumber: http://www.herbs-info.com/blog/5-common-habits-that-damage-your-liver/ [2]

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...