Home / Artikel Kesehatan / Buah Srikaya, Manfaat Dan Larangannya

Buah Srikaya, Manfaat Dan Larangannya

Sesuai dengan namanya, Srikaya memang kaya akan manfaat sehat bagi tubuh manusia. Konsumsi harian buah Srikaya akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara umum. Tidak hanya bagian daging buahnya saja yan bermanfaat, biji dan kulit buah Srikaya juga punya khasiat obat.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

1. Mengendalikan tingkat  Kolesterol darah

Srikaya mengandung niasin dalam jumlah yang sangat memadai sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita gangguan kesehatan ini. Makan secara rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Buah srikaya banyak mengandung serat, kandungan serat tersebutlah yang membuat buah srikaya baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita konstipasi atau sembelit karena serat tersebut akan mampu memperlancar pencernaan, sehingga dapat memperbaiki saluran pencernaan dan mencegah susah buang air besar, dan membantu membuang racun yang terdapat pada makanan
Buah srikaya juga mengandung zat tannin yang sangat berkhasiat dalam menghentikan diare.

3. Pilihan yang baik bagi Penderita Diabetes

Serat yanbg dikandung srikaya selain dapat memperlancar pencernaan juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh sehingga dapat secara efektif mencegah naiknya gula darah dan menghindarkan kita dari penyakit diabetes.

4. Mencegah Asma

Kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya membuat buah yang memiliki biji yang banyak ini  menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

6. Memgontrol Hipertensi

Srikaya kaya akan kandungan potassium yang akan berperan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Makan buah ini dengan rutin sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan lain yang tak kalah penting dari Buah srikaya dalah vitamin B yang bermanfaat dalam mencegah perkembangan dari homocystein, homocystein ini dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

8. Membantu Menjaga Kesehatan tulang dan gigi

Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

9. Mengobati bisul dan borok

Buah Srikaya juga dapat digunakan sebagai obat topikal. Buah srikaya mengandung antiseptic yang dapat membunuh bakteri dan mematangkan bisul, sehingga borok dan bisul akan cepat kering dan sembuh. Caranya sangat mudah cukup dengan mengambil buah srikaya lalu haluskan dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu, tempelkan pada luka borok atau bisul. Kemudian balut dengan kasa dan ganti 2 kali sehari.

10. Membunuh Kutu Rambut

Percaya atau tidak, orang dahulu menggunakan buah srikaya sebagai obat kutu rambut. Caranya yaitu : siapkan biji sepuluh butir biji buah srikaya dan daun srikaya sebanyak satu genggam, setelah itu tumbuk hingga halus. Kemudian tepelkan pada kepala secara merata, lalu bungkus dengan handuk dan diamkan selama 1 jam. Lalu cuci hingga bersih, hindari terkena mata karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada mata.

11. Mengobati Cacingan

Manfaat buah srikaya juga dapat mengobati cacingan pada anak, caranya yaitu : Siapkan satu buah srikaya, lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Setelah itu, tambahkan sedikit gula merah agar rasanya agak manis dan diamkan sampai hangat. kemudian saring dan minum dua kali sehari setengah gelas.

12. Mencegah Kanker

Buah srikaya juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat berkhasiat dalam membunuh sel kanker di dalam tubuh kita. Caranya yaitu, haluskan satu buah srikaya dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Setelah itu, saring dan diamkan sampai hangat lalu minum secara rutin setiap hari dua kali sehari sebanyak satu gelas.

Srikaya juga sering dijadikan sebagai anti hama atau racun bagi hama karena di dalam srikaya terdapat racun yang bernama annonain dan resin. Annonain paling banyak dijumpai pada biji srikaya. Oleh karena itu, proses pembuatan obat herbal dengan berbahankan buah atau bagian lain dari srikaya yang dilakukan selayaknya harus berada pada prosedur yang tepat dan dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Karena tidak menutup kemungkinan racun tersebut justru akan membahayakan tubuh manusia. Bahkan ramuan buah srikaya hingga saat ini dilarang keras untuk ibu yang sedang mengandung (hamil).

Catatan :

Tidak dianjurkan bagi ibu hamil meminum rebusan buah srikaya, karena dapat mengakibatkan gangguan dan kontraksi yang hebat pada kandungan.
Meminum rebusan buah srikaya jangan terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan efek yang berbahaya bagi kerja jantung.
Ibu yang sedang mengandung (hamil) sangat dilarang untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan srikaya sebagi obat herbal, baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, hingga buahnya sekali pun.
Jika membuat obat herbal terutama untuk obat yang diminum berupa air rebusan maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon srikaya, karena di dalamnya mengandung racun.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...