Home / Artikel Kesehatan / Dokter Di Brazil Berhasil Memakai Kulit Ikan Nila Obati Luka Bakar Tingkat 3

Dokter Di Brazil Berhasil Memakai Kulit Ikan Nila Obati Luka Bakar Tingkat 3

FORTALEZA, Brasil – Di kota bersejarah ini di timur laut Brasil, seorang pasien luka bakar  telah lepas dari gelombang trauma akan ketakutan bekas luka bakar yang dipikirnya akan menjadi cacat permanen. Pasien luka bakar ini telah dapat diterapi dengan kulit ikan, khususnya kulit ikan nila disterilkan.

Dokter di Brazil ini awalnya menguji kulit ikan yang populer disebut Tilapia (sejenis ikan Nila ) sebagai perban untuk luka bakar tingkat dua dan tiga. Inovasi ini muncul dari kebutuhan yang belum terpenuhi. kulit binatang telah lama digunakan dalam pengobatan luka bakar di negara-negara maju. Tapi Brasil tidak memiliki kulit manusia, kulit babi, dan alternatif buatan yang banyak tersedia di AS.

Tiga bank kulit fungsional di Brasil dapat memenuhi hanya 1 persen dari kebutuhan nasional, kata Dr. Edmar Maciel, ahli bedah plastik dan spesialis korban kebakaran terkemuka yang melakukan uji klinis dengan kulit ikan nila.

“Ini adalah krim luka bakar karena ada zat di dalamnya, sehingga mencegah luka bakar dari infeksi,” kata Dr Jeanne Lee, direktur Rs setempat

Langkah pertama dalam proses penelitian adalah untuk menganalisis kulit ikan.

“Kami mendapat kejutan besar ketika kami melihat bahwa jumlah protein kolagen, jenis 1 dan 3, yang sangat penting bagi jaringan parut dan setelah dicoba kepasien sukses .”

simak videonya berikut ini!

Baca Berita: https://www.statnews.com/2017/03/02/brazil-tilapia-skin-burns/

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...