Home / Wanita / Ilmiah, Ternyata Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Daripada Pria

Ilmiah, Ternyata Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Daripada Pria

Ilmu pengetahuan telah menegaskan bahwa wanita memiliki otak yang lebih kompleks, yang menunjukkan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak tidur. Profesor Jim Horne, direktur Pusat Penelitian Tidur di Loughborough University memiliki penjelasan khusus tentang pentingnya tidur ini.

Menurut Jim Horne: “Bagi wanita, kurang tidur sangat terkait dengan tingkat tekanan psikologis yang tinggi dan perasaan sakit hati, depresi, dan kemarahan yang besar,” dan “Perasaan ini tidak terkait pada tingkat yang sama terhadap gangguan tidur pada pria.”

Profesor Jim Horne, memiliki penjelasan khusus tentang pentingnya tidur. Profesor itu juga menulis buku Sleepfaring: A Journey Through The Science of Sleep.

“Salah satu fungsi utama tidur adalah untuk memungkinkan otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Selama tidur nyenyak, korteks – bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori pikiran, bahasa dan sebagainya masuk ke dalam recovery mode “.

“Semakin otak Anda bekerja keras pada siang hari, maka otak akan membutuhkan pemulihan lebih besar pula, akibatnya, Anda butuh tidur lebih banyak. Perempuan cenderung berkemampuan multi-tasking. Mereka melakukan banyak hal sekaligus dan fleksibel , dan sehingga mereka menggunakan otak mereka lebih banyak dari  yang sebenarnya daripada pria. Karena itu, kebutuhan tidur mereka lebih besar.

Seorang pria yang memiliki pekerjaan yang kompleks yang melibatkan banyak pengambilan keputusan dan berpikir lateral mungkin juga perlu lebih banyak tidur daripada pria dengan aktifitas otak rata-rata. Meskipun mungkin masih tidak sebanyak wanita “.

Wanita membutuhkan tidur lebih dari 8 jam

Ya, kita tahu bahwa itu sangat disarankan agar Anda tidur minimal 8 jam, dan 7 jam, tetapi Profesor Horne menjelaskan bahwa otak wanita itu mirip “kabel berbeda dari laki-laki dan lebih kompleks, sehingga mereka perlu waktu tidur sedikit lebih besar.”

Apa yang membuat otak wanita lebih kompleks?

Tidak seperti pria, wanita  melakukan multi-tasking, dan mengekspos otak mereka untuk kegiatan yang lebih berat. Ini berarti bahwa otak perempuan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih sepenuhnya, dan tidur adalah cara terbaik untuk mencapai itu.

Bagaimana dengan Pria?

Profesor Horne menjelaskan bahwa pria yang melakukan pekerjaan yang melibatkan pengambilan keputusan membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria rata-rata, tapi masih kurang dari seorang wanita rata-rata.

Bagaimana meningkatkan kualitas tidur Anda

Ada banyak cara untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Tidur yang Rutin

Aturlah rutinitas tidur Anda, sehingga otak mengenali kebutuhan untuk memperlambat dan bersantai. Dengan cara ini Anda akan tidur lebih baik di malam hari.

Hindari “Stimulating Foods” 

Beberapa makanan bertindak sebagai stimulan, dan Anda perlu untuk menghindari ini sebelum Anda pergi tidur. Ini melibatkan kafein dalam kopi, theobromine di kakao atau cokelat, dan gula. Stimulan ini berpengaruh buruk pada tidur malam Anda, dan sering menyebabkan insomnia.

Melatonin

Para ahli sepakat bahwa melatonin membantu Anda tidur lebih baik. Dosis 1-3 mg kerja melatonin terbaik, sebaiknya satu jam sebelum tidur.

sumber
http://www.healthyfoodhouse.**m/women-need-sleep-men-brains-work-harder-according-science/

Check Also

Anyang anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Anyang-Anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Pernah gak sih guys mengalami hal ini…yaitu anyang anyangan, rasanya kebelet pipis eh.. giliran udah ...

...