Home / Artikel Kesehatan / Madu Dan Zaitun Obat Herbal Tertua Tetap Dahsyat Hingga Saat Ini

Madu Dan Zaitun Obat Herbal Tertua Tetap Dahsyat Hingga Saat Ini

Berbicara tentang Madu dan Zaitun sebagai Obat herbal alami yang terbaik ini bukanlah sesuatu yang mengada- ada , Silahkan buka ada banyak Literatur madu sebagai obat dan makanan juga tertera pada sejumlah naskan kuno bahkan tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an, kitab suci Perjanjian lama dan Baru, Taurot, Kitab Weda serta mitologi Hindu.

AL-QUR’AN :

Madu merupakan obat sekaligus satu-satunya suplemen yang direkomendasikan oleh Al-Qur’an dalam QS.Anahl (16) ayat : 68-69 : “Dan tuhanmu mewahyukan kepada lebah. Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan tempat yang di bikin oleh manusia kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam ) buah-buahan dan tempuhlah jalan tuhanmu yang telah di mudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluarlah minuman ( madu ) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda ( kebesaran tuhan ) bagi orang-orang yang memikirkan.
Dalam hadits Rosulullah pun menegaskan di antaranya yang diriwayatkan oleh Bukhairi : “Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al-qur’an adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikikiran ( sakit pikiran ) dan masih banyak lagi hadits Rosulullah yang menjelaskan tentang madu.

AL-KITAB :

Dalam kitab perjanjian lama juga memiliki referensi tentang madu sebagai lambang semua berkat Allah yang berlimpah, menyenangkan dan di rindukan. Kitab keluaran menggambarkan tanah perjanjian sebagai “Suatu negeri yang berlimpah-limpah madu (kel 33:3)” sebab tuhan Allahmu membawa engkau masuk kedalam negeri yang baik….suatu negeri dengan…madunya…di mana engkau tidak akan kekurangan apapun. (ulangan 8:7-9). Dalam mazmur, ada kutipan “Tetapi umatku akan kuberi makan gandum yang terbaik dengan madu yang terbaik dari gunung batu, aku akan mengenyangkannya,” (Mazmur 81:17) dan amsal berkata, “perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang (Amsal 16:24)
“Anakku,makanlah madu, sebab itu baik, dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.” (Amsal 24:13)
Sedangkan dalam perjanjian baru,sosok yohanes pembabtis di lukiskan sebagai pria yang memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan ( mat 3:4,markus 1:6)

WEDA :

Dalam kitab suci weda tertulis “Hidup manusia akan diperpanjang dan di awetkan jika dalam makanannya sehari-hari selalu ada madu…” Dalam kitab ajaran agama buddha ada 5 jenis obat yang bisa di konsumsi para bikkhu setelah makan siang, salah satunya adalah madu. Selama 3 bulan para bikkhu dan bikkhuni yang meditasi tidak konsumsi apapun kecuali madu. seperti yang disebutkan dalam Vinaya Pitaka “Beberapa jenis obat yang di pakai oleh bikkhu yang sakit adalah…madu” ( mahavagga VI .208 15-10).I

MITOLOGI HINDU :

Dalam mitologi Hindu terdapat penghargaan yang tinggi terhadap serangga penghasil madu. Lebah menempati kedudukan sangat terhormat dan di lambangkan sebagai perwujudan dewa wisnu yang sedang hinggap di atas bunga teratai ( padma ) guna memberi kehidupan dan kemakmuran kepada seluruh makhluk di maya pada.
Menurut Hinduisme ,dewa wisnu adalah sebutan tuhan, dalam fungsinya sebagai pelindung dan pemelihara dengan segala kasih sayangnya . Sedangkan bunga teratai adalah lambang keharmonisan alam,kesucian dan kedamaian abadi (Drs.Ketut Patra, kompas, 5/10/1978)

seorang ilmuwan dari universitas lllinois di urban Amerika Serikat, menulis dalam journal of Apicultural Research bahwa khasit masing-masing jenis madu bisa saja berbeda, namun semua jenis madu pasti mengandung Antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan seorang pakar Gizi dari pusat penelitian dan pengembangan Gizi Bogor Prof.DR.H.Muhilal menguraikan lebih rinci, tentang kandungan Gizi madu. Selain asam organik, dalam madu juga terdapat kandungan asam amino yang berkaitan dalam pembuatan protein tubuh ( Asam amino nonesensial ). Selain Asam amino nonesensial juga Asam amino esensial di antaranya : lysin,Histadin,triptofan,anti biotik,anti septik,multivitamin dan lain sebagainya yang berkhasiat baik bagi kesehatan.

Bagaimana dengan Minyak Zaitun

Di Mesir Kuno, minyak zaitun digunakan sebagai sebuah ritual. karena diyakini bahwa minyak zaitun mampu menyatukan banyak orang yang berbeda keyakinan dan nilai-nilai. Bahkan, Nabi Nuh AS menjadikan sebagai simbol perdamaian dan persatuan hingga menjadi terkenal.

Meskipun Pohon Zaitun memiliki banyak arti berbeda, namun memiliki asal-usul yang sama. Zaitun Suriah dan Palestina menyebar ke Basin`Mediterania sekitar 5000 tahun yang lalu. Pohon Zaitun juga dapat dijadikan sebagai makanan, bahan bakar dan juga obat-obatan.

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Nilai dari pohon zaitun melampaui dari hanya sekedar bahan pangan. Sejak zaman Nabi Adam AS, Zaitun telah dikatakan dapat mewakili mereka yang mencari Tuhan melalui ilmu pengetahuan dan pengobatan herbal. Energi pada minyak zaitun dapat diterapkan melalui pijat. Dan Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan agar memijat menggunakan minyak zaitun.

Demikian dilansir dari laman OnIslam, menyebutkan bahwa penelitian oleh dokter di Universitas Oxford di Inggris menemukan, bahwa minyak zaitun juga bereaksi terhadap asam lambung dan membantu mencegah timbulnya kanker usus dan dubur.

Fungsi minyak zaitun:

Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
Mengurangi risiko penyumbatan (trombosis) dan penebalan (ateriosklerosis) pembuluh darah.
Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi.
Mengurangi serangan kanker.
Melindungi dari serangan kanker payudara. Sesendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi risiko kanker payudara sampai pada kadar 45%.
Menurunkan risiko kanker rahim sampai 26%.
Pengkonsumsian buah-buahan, sayuran, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari kanker kolon.
Penggunaan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah berenang melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)
Berpengaruh positif melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi risiko tukak lambung.
Mengandung lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi manusia seperti yang terdapat dalam ASI.
Penggunaan sebagai minyak rambut mampu membunuh kutu dalam waktu beberapa jam saja.
Setiap penyakit itu ada obatnya, seperti hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamyang artinya: “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Hanya ada orang yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti kemanjurannya.

Pilihlah Minyak Zaitun yang Perasan pertama yaitu bisa dilhat di stiker botolnya ,biasanya bertuliskan
Minyak zaitun virgin atau extra virgin

Minyak zaitun virgin atau extra virgin memiliki kualitas terbaik, karena memiliki rasa lebih kaya. Biasanya jenis tersebut harganya lebih mahal dari yang reguler.

Extra Virgin Olive Oil (apronandsneakers.com)

Pada jenis extra virgin, kandungan asam oleatnya kurang dari 0,8 persen, sedangkan jenis virgin kandungannya di bawah 1,5 hingga 2 persen.

Jenis itu juga diyakini lebih baik untuk tubuh — selama tak mengalami pemanasan berlebih ketika diolah, karena mineral, enzim, vitamin, fenol masih terkandung dalam jumlah besar.

Minyak zaitun jenis virgin maupun extra virgin, biasanya digunakan sebagai dressing salad atau untuk perawatan tubuh, seperti kulit dan rambut.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...