Home / Artikel Kesehatan / Terapi Arang Buat Hilangkan Racun Dalam Tubuh

Terapi Arang Buat Hilangkan Racun Dalam Tubuh

Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang arang aktif. Ini telah digunakan di ruang gawat darurat rumah sakit selama bertahun-tahun untuk mengobati keracunan alkohol dan overdosis narkoba. Ia bekerja dengan melampirkan racun di perut dan menyerap mereka sebelum mereka dapat masuk ke aliran darah.

Bahkan Orang telah membuat Minuman dengan bahan arang ini, seperti yang dilansir dari kompas.com, terbuat dari arang aktif, yaitu arang biasa yang telah dipanaskan dengan gas untuk menghasilkan pori-pori. Pori-pori inilah yang kemudian bermanfaat untuk menangkap senyawa berbahaya. Itulah mengapa arang aktif memiliki kegunaan sebagai obat.

Pada dasarnya arang digunakan untuk pertolongan pertama ketika keracunan, meredakan mabuk, dan mencegah perut kembung. Ketika dicerna, arang aktif dapat mencegah bahan kimia tertentu untuk diserap oleh lambung.

Sebagai pencegah keracunan, arang aktif memang belum dievaluasi dalam studi yang cukup untuk membuktikan efektivitas dalam penggunaan. Namun, beberapa studi menunjukkan, bahwa arang aktif efektif untuk mengurangi gas. Dan ketika digunakan untuk mencegah mabuk, para ahli mengatakan bahwa itu tampaknya tidak mampu menangkap alkohol, sehingga membuatnya kurang efektif.

Arang aktif ini bukan tanpa efek samping hanya saja efeknya tidak mengkhawatirkan. Efek sampingnya antara lain dapat menyebabkan sembelit dan feses anda akan menjadi hitam.

Dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, ditemukan bahwa arang aktif dapat menyebabkan penyumbatan usus. Dan karena arang dapat menyerap apa yang ada di perut anda, sebaiknya tidak minum obat dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi minuman arang.

Arang mungkin terlihat kotor, akan tetapi sekarang ini ada trend terbaru yang di klaim bahwa arang ini adalah pembersih yang bagus jika di gunakan untuk tubuh baik bagian tubuh luar atau pun bagian dalam. Bahkan ada beberpa perusahaan jus dunia yang kini tengah mengembangkan arang ini sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan jus. Arang aktif telah populer jika di gunakan sebagai masker wajah dan pembersih kulit lainnya selama beberapa tahun berlakangan ini. gaungan mnegenai seberapa bagusnya akan arang ini dapat bekerja untuk membersihkan dan menghilangkan racun dari kulit ini membuat ‘dunia jus’ membayangkan bagaimana cara kerja dari arang ini di dalam tubuh manusia. Perusahaan seperti Juice Generation dan juga beberapa perusahaan lainnya ini telah menggunakan arang aktif sebagai bahan baku yang di gunakan untuk membuat jus buah dan juga sayuran, serta mengklaim jus ini bisa di gunakan dan dapat membantu kegiatan detox.

Selalulah berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya sebelum melakukan terapi diet arang ini

sumber  :

https://infobekasi.co.**/2016/09/27/detoksifikasi-tubuh-minum-si-hitam/
https://www.savorylotus.**m/activated-charcoal/

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...