Home / Tehnik Pengobatan / Terapi “Oil Pulling” Cara Kuno Dan Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anda

Terapi “Oil Pulling” Cara Kuno Dan Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anda

Oil Pulling atau berkumur dengan minyak dikenal sebagai pengobatan tradisional dari India yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan. Metode pengobatan dengan cara berkumur menggunakan minyak ini dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan dapat membuat Anda lebih sehat dan segar. Untuk melakukan oil pulling yang Anda butuhkan hanya sebotol minyak dan waktu sebanyak kurang lebih 10-15 menit.

Pengobatan cara Ayurvedic kuno ini fokus untuk kesehatan mulut dan detoksifikasinya atau pembuangan racun. Penggunaan minyak murni bertujuan untuk menarik bakteri berbahaya, jamur, dan organisme lain dari mulut, gigi, gusi dan bahkan tenggorokan.

Terapi unik ini didukung Beberapa studi ilmiah yang menunjukkan kemanjuran terapi Oil Pulling. Satu studi menunjukkan bahwa tehnik oil pulling dengan menggunakan sesame oil atau  minyak wijen dapat meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Secara khusus, menggunakan minyak wijen sebagai agen kesehatan mulut membantu untuk mengurangi jumlah bakteri (kuman) dan plak gigi juga mulut . Para ilmuwan percaya bahwa lemak dalam minyak kedua mengeluarkan bakteri, serta bakteri berhenti menempel pada dinding rongga mulut.

Dengan Tehnik Oil Pulling juga bermanfaat dapat meningkatkan saponifikasi atau penyabunan di mulut, sehingga mampu membersihkan mulut. Emulsifier dan minyak sayur meningkatkan proses saponifikasi (pembentukan sabun), sehingga Anda akan merasa seperti membersihkan mulut dengan sabun ketika melakukan Oil Pulling.

Paling menarik mungkin adalah kemampuan minyak untuk membersihkan bakteri berbahaya, serta mengurangi pertumbuhan berlebihan dari jamur. Minyak ini juga mungkin membantu dalam memperbaiki sel-sel dan terkait dengan berfungsinya kelenjar getah bening dan organ internal lainnya.

Manfaat lain dari tehnik Oil Pulling Untuk kesehatan adalah:

Penguatan keseluruhan dari gigi dan gusi dan rahang
Pencegahan penyakit pada gusi dan mulut, seperti gigi berlubang dan radang gusi
Pencegahan untuk bau mulut
Pengobatan holistik untuk gusi berdarah
Pencegahan kekeringan pada bibir, mulut dan tenggorokan
pengobatan holistik untuk nyeri umum di daerah rahang

Panduan Melakukan Oil Pulling

Belilah berbagai macam minyak organik yang didapat dengan tehnik cold pressed.
Beberapa orang yang melakukan tehnik Oil Pulling ada yang merasa bahwa minyak wijen merupakan salah satu minyak yang paling efektif, namun beberapa lainnya lebih memilih minyak kelapa (VCO) karena tekstur dan rasanya.

Minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari paling sering digunakan untuk Oil Pulling.
Cobalah untuk menggunakan beberapa variasi minyak tiap beberapa hari untuk mendapatkan manfaat menyeluruh dari masing-masing jenis minyak dan menemukan minyak mana yang paling cocok dengan Anda.

Berikut adalah langkah-langkah oil puling:

#1 Pada pagi hari, siapkan satu sendok makan minyak. Perlu diingat bahwa penting untuk melakukan Oil Pulling sebelum Anda sikat gigi atau mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Anda dapat membersihkan mulut Anda setelah proses Oil Pulling selesai. Proses Oil Pulling sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama.

#2. Kemudian berkumurlah menggunakan minyak pilihan Anda selama 10-15 menit. Minyak yang ada dalam mulut Anda akan bercampur dengan liur, lalu menyerap dan ‘menarik’ racun yang berada di mulut Anda. Ketika Anda membiarkan minyak di sekitar mulut, gigi, gusi dan lidah Anda, minyak akan terus menyerap racun dan biasanya akan berubah kental dan putih seperti susu.

#3 Setelah berkumur dengan minyak, ludahkan dan buang minyak dan bersihkan mulut Anda secara menyeluruh dengan air hangat. Sangat penting untuk membuang minyak yang berada dalam mulut ketika minyak mulai terasa kental. Biasanya butuh waktu sekitar 10-15 namun tidak lebih dari 20 menit hingga minyak berubah kental.

Jangan berkumur terlalu lama hingga racun yang sudah terserap oleh minyak kembali terserap ke mulut Anda. Buang minyak ke dalam tempat sampah dan bersihkan mulut Anda dengan air hangat secara menyeluruh. Air hangat bekerja lebih baik menghilangkan sisa minyak di mulut dibandingkan air dingin.

selamat Mencoba dan lakukanlah dengan rutin

sumber utama
http://www.foodmatters.**m/article/oil-pulling-the-habit-that-can-transform-your-health
&
wikihow

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...