Home / Artikel Kesehatan / Ternyata Wanita Lebih Cepat Sembuh Saat Terkena Flu Dibanding Pria

Ternyata Wanita Lebih Cepat Sembuh Saat Terkena Flu Dibanding Pria

Wanita lebih cepat sembuh dari Flu dibanding pria.

Sebuah studi baru-baru ini  menguji hipotesis itu. Para peneliti di University of Ottawa menyuntik tikus di laboratorium untuk peneitiannya dengan molekul dari bakteri, yang meniru mirip infeksi E. coli, salmonella, legionella, dan bakteri lain yang terkait. Mereka menemukan “perbedaan jenis kelamin ternyata sangat penting” dalam bagaimana suhu tubuh tikus meresponnya. Seperti dilaporkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity: Pada fase awal infeksi, pada tikus pejantan ‘suhu tubuh turun lebih dari suhu tikus betina. Ini lah yang membuat flu pada laki-laki tampak lebih menyedihkan – dalam hal ini, ditandai dengan lebih kedinginan daripada perempuan. Tanda-tanda peradangan pada tikus jantan juga lebih buruk dari tikus betina.

“Data saya mendukung gagasan bahwa perbedaan flu pada manusia bukan hanya mitos,” kata profesor psikologi Ottawa Nafissa Ismail dalam sebuah wawancara. Apalagi, ini konsisten dengan penelitian pada hewan pada tahun 1990-an yang menemukan bahwa “intensitas infeksi cenderung lebih rendah pada wanita dibandingkan pada laki-laki,” Ismail dan rekannya, mungkin karena bagaimana hormon seks – testosteron pada laki-laki dan estrogen pada wanita – mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Yang mungkin menunjukkan bahwa pria ditakdirkan untuk menjadi lebih sengsara ketika mengidap flu atau infeksi virus lainnya, adalah sistem kekebalan tubuh mereka tampak mengambil pendekatan yang lemah untuk memerangi infeksi itu. Tapi sebenarnya tidak demikian. “Orang-orang berpikir bahwa ketika kita sakit adalah virus yang menyebabkan gejalanya, tetapi sering gejala-gejala yang timbul adalah respon dari kekebalan tubuh,” kata ahli biologi Sabra Klein dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Respon imun yang lebih kuat pada perempuan terlihat bahwa mereka umumnya sembuh dari infeksi lebih cepat daripada laki-laki. (tikus jantan dalam studi Ottawa mengambil waktu rata-rata 48 jam untuk memulihkan diri, dibandingkan dengan tikus betina yang hanya butuh waktu 24 jam untuk pulih.)

selenggkapnya di https://www.statnews.com/2017/03/02/man-flu-sex-differences/

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...