Home / Artikel Kesehatan / Tidur Siang Secara Dramatis Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar, Memori, Fokus Dan Kesadaran

Tidur Siang Secara Dramatis Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar, Memori, Fokus Dan Kesadaran

Di dunia, kota-kota dan daerah-daerah tertentu sengaja menutup segala kegiatan beberapa saat pada siang hari sehingga orang-orang dapat tidur siang dan mengistirahatkan diri dengan baik. Di Amerika tidur siang jarang dilakukan.

Tidur siang sebenarnya sangat bermanfaat bagi Anda, jadi jika Anda menemukan waktu untuk melakukan itu, pergilah untuk itu! Tidur siang dianggap sebagai bagian rutin, normal dan tidak terpisahkan dari ritme sirkadian (siklus tidur-bangun) tubuh.

Tingkat kemampuan fokus, konsentrasi dan energi kita adalah tidak sama sepanjang harinya, terlepas dari kualitas tidur malam Anda. Jadi jika Anda ingin mengisi ulang dan mendapatkan kembali energi Anda, tidur siang  dapat melakukan keajaiban bagi Anda.

Banyak perusahaan, termasuk Apple dan Google yang memungkinkan pekerja mereka untuk tidur siang sebelum melanjutkan pekerjaan mereka. Penelitian medis juga mendukung kebijakan manfaat dari tidur siang  dapat memperkuat fokus, produktivitas dan kinerja para pegawai.

Satu studi yang dilakukan oleh University of Colorado Boulder menemukan bahwa anak-anak yang melewatkan waktu tidur siang mereka memiliki resiko lebih besar untuk menderita kecemasan, kurangnya minat  dan  keterampilan dalam memecahkan masalah.

Hal ini juga berlaku untuk orang dewasa. Beberapa peneliti dengan Berkeley menemukan bahwa orang dewasa yang mempraktekkan tidur siang lebih sering memperkuat fungsi memori mereka. Tidur siang mempengaruhi otak secara positif dan memungkinkan untuk mengistirahatkan dan menyegarkan otak.

Berapa lama waktu tidur siang yang dianjurkan?

Para ahli mengklaim, tidur siang yang tepat harus berlangsung selama 10 sampai 20 menit,  setelah itu otak akan dibuat tersegarkan ulang dan fungsinya akan ditingkatkan secara signifikan. Tidur siang lebih pendek dan lebih ringan dari tidur itu sendiri sehingga hindari memperpanjang tidur siang Anda untuk lebih dari 20 menit karena Anda mungkin merasa buram atau pusing setelah itu.

Hal ini juga berlaku untuk tidur siang yang berlangsung selama satu jam, tubuh akan mulai tenggelam dalam tidur yang dalam yang menyebabkan Anda akan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Namun, tidur siang dapat dilakukan paling lama sekitar 90 menit dan dimaksudkan untuk mereka yang tidak bisa tidur dengan baik atau cukup sepanjang malam.

Proses tidur siang dapat  mempengaruhi tubuh juga menguntungkannya serta memungkinkan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir. Jadi luangkan waktu tidur siang seperlunya untuk mendapat manfaat kesehatannya.
sumber: http://www.healthyfoodhouse.com/napping-can-dramatically-increase-learning-memory-awareness/

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...