Home / Apotik Hidup / 10 MANFAAT LUAR BIASA DAUN TALAS BAGI KESEHATAN

10 MANFAAT LUAR BIASA DAUN TALAS BAGI KESEHATAN

Talas (Colocasia esculenta) ialah tumbuhan yang umumnya tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis. Talas berasal dari Asia Tenggara dan Selatan India.

Tanaman talas hanya dapat tumbuh pada suhu hangat. Baik akar maupun daun talas aman dimakan setelah keduanya matang. Dalam keadaan mentah, talas disebut sebagai racun. Meskipun talas ditanam untuk diambil akarnya, daun talas ternyata juga memiliki khasiat tak kalah hebat. Berikut adalah 10 manfaat daun talas untuk kesehatan.

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dalam keadaan matang, daun talas sangat mudah untuk dicerna. Daun talas sangatlah kaya akan serat, sehingga mampu membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat di dalamnya meningkatkan dapat menormalkan intensitas buang air besar Anda. Dengan demikian, daun talas dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit dan IBS (Irritable Bowel Syndrome), yaitu sakit saat buang air besar. Selain itu, daun talas juga bisa mengurangi resiko kanker usus besar dan kanker rektum.

2. Baik Untuk Penglihatan

Daun talas memilik sejumlah besar vitamin A yang diperlu untuk mendukun fungsi tubuh, terutama mata. Daun talas mampu meningkatkan kesehatan mata, mempertahankan ketajaman mata, dan mencegah gangguan mata seperti miopi, kebutaan, bahkan katarak.

3. Mencegah Kanker

Dengan teratur mengonsumsi olahan daun talas,  penyakit kanker yang berbahaya bisa dilawan. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C adalah antioksidan pelindung. Ia berperan dalam mencegah penyakit yang lazim menjangkiti tubuh. Mulai dari demam, batuk, sampai penyakit mematikan layaknya kanker. Vitamin C juga diperlukan untuk pertubumbuhan jaringan ikat yang kuat seperti tendon, tulang rawan, dan ligamen. Hal ini meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, mempercepat proses penyembuhan luka, dan membantu dalam sintersis nerotransmiter dan hormon.

4. Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Daun talas memiliki 0% kolesterol, sementara total lemak yang terkandung di dalamnya hanyalah 1%. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan ingin menguranginya secar alami, maka daun talas adalah salah satu solusi yang tepat! Senyawa metionin dan serat yang terdapat pada daun talas dapat secara efektif merendahkan kolesterol dan memecah trigliserida. Diet berbasis daun talas adalah cara sempurna untuk jadi tetap sehat.

5. Jantung Sehat

Daun talas memiliki tingkat lemak jenuh yang rendah. Itulas alasan mengapa daun talas dikatakan sebagai makanan yang sehat untuk jantung. Kandungan serat yang terdapat pada daun talas akan menghentikan pertambahan kolesterol dan lemak dalam aliran darah, sementara kandungan potassium akan menjaga tekanan darah Anda tetap normal. Hal ini dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah dan menyelamatkan jiwa Anda dari incaran penyakit jantung dan stroke. Jadi, bila Anda tidak ingin kolesterol menumpuk dalam arteri, konsumsilah olahan daun talas secara teratur.

6. Membantu Perkembangan Janin

Ketika seorang wanita hamil, satu vitamin penting yang selalu disebut oleh para dokter adalh folat. Untungnya, daun talas merupakan sumber terbaik untuk memperoleh vitamin tersebut. Folat sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat. Olahan daun talas tentu saja dapat mencegah kemungkinan cacat lahir. Selain melindungi janin, folat juga diperlukan untuk sintesis DNA.

6.Perlindungan Sel

Daun talas mengandung sejumlah besar senyawa fenolik dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut bersifat antioksidan yang kuat. Kedua senyawa kimia ini mampu membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, menjaga sel-sel dari kerusakan lebih lanjut dan stres oksidatif.

8. Makanan yang Bagus Untuk Anemia

Zat besi adalah salah satu mineral yang sangat diperlukan karena berperan sangat penting dalam perkembangan sel darah merah. Sebab dalam transportasi oksigen ke berbagai bagian tubuh, orang membutuhkan sel darah merah. Orang yang menderita anemia dianjurkan mengonsumsi olahan daun talas setiap hari karena tidak hanya memenuhi kekurangan zat besi, tetapi juga menghindari kelelahan dan kelemahan.

9. Mengurangi Kerut di Kulit

Daun talas kaya akan asam amino bernama treonin. Senyawa ini membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin. Keduanya penting bagi kesehatan kulit. Oleh sebab itu, makan olahan daun talas secara teratur mampu mencegah keriput dan meremajakan kulit sekaligus.

10. Keseimbangan Elektorlit dalam Tubuh

Kalium adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara sehat. Kalium menyerap karbohidrat, membangun otot, mengontrol aktivitas jantung, memelihara keseimbangan asam-basa tubuh, dan meningkatkan perkembangan tubuh. Juga, kalium diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh. Sehingga dengan rutin makan olahan daun talas, tubuh Anda akan menerima pasokan mineral ini dengan cukup.

Di atas adalah beberapa khasiat luar biasa daun talas bagi kesehatan Anda. Jadi, mau makan siang apa hari ini? Buntil daun talas? Tumis daun talas? Atau oseng daun talas? Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...