Home / Artikel Kesehatan / 5 MANFAAT MENAKJUBKAN KLOROFIL BAGI KESEHATAN TUBUH

5 MANFAAT MENAKJUBKAN KLOROFIL BAGI KESEHATAN TUBUH

Tahukah Anda apa itu klorofil? Mari buka kembali buku IPA semasa SD. Di sana pasti dijelaskan bahwa klorofil adalah zat hijau daun pada tanaman yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis.
Lalu bagaimana dengan klorofil cair yang biasa ditemui? Klorofil cair adalah minuman kesehatan yang diekstrak dari daun Alfalfa (Medicago sativa), yang disebut sebagai “Bapak Segala Tumbuhan” karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Klorofil merupakan satu-satunya zat yang paling cepat bersenyawa dengan darah karena kesamaan struktur molekulnya dengan darah manusia. Bahkan, 1 sendok klorofil setara dengan konsumsi 1 kg sayuran, lho.

Apa saja manfaat klorofil bagi kesehatan?

1. Pembentukan Sel Darah Merah
Klorofil cair dapat membangun sekaligus meningkatkan kualitas sel-sel darah merah Anda. Sebuah studi pada tahun 2004 menemukan bahwa rerumputan, yang mengandung sekitar 70% klorofil, mampu mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan oleh penderita thalasemia (kelainan darah yang menyebabkan kurangnya kadar hemoglobin) pada umumnya.

2. Mengontrol Rasa Lapar
Penelitian padaha September 2013 mengungkapkan bahwa senyawan yang mengandung klorofil mampu menekan munculnya rasa lapar. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel dua puluh perempuan dengan berat badan berlebih yang diberikan konsumsi makanan dalam ketiga kesempatan terpisah selama sepekan, yaitu dua kali mengonsumsi makanan berklorofil dan satu kali tanpa klorofil.

Hasilnya menunjukkan bahwa terjadi penurunan rasa lapar setelah mengonsumsi makanan berklorofil dan hasil tes darah mereka menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka menjadi stabil. Oleh karena itu, dapat disimpulkan jika klorofil merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola rasa lapar dan meningkatkan berat badan.

3. Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap
Klorofil juga memiliki sifat sebagai penghilang bau. Bau mulut tidak sedap karena kesehatan pencernaan yang buruk dapat diatasi dengan menggunakan klorofil cair sebagai obat kumur. Di samping itu, klorofil juga mampu merangsang kesehatan pencernaan, yaitu dengan membersihkan usus besar dan alirah darah. Klorofil juga efektif untuk menghilangkan bau pada luka. Ia bisa diberikan secara oral kepada pasien penderita kolostomi dan gangguan metabolisme tubuh, yakni untuk mengurangi bau kotoran dan kencing.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka
Mengonsumsi makanan yang mengandung klorofil dapat membuat proses penyembuhan luka jauh lebih cepat. Hal ini telah dilaporkan sejak berabad-abad yang lalu. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh BUtler University tahun 1950 mengungkapkan bahwa klorofil dapat mempercepat proses penyembuhan beberapa kali lipat terhadap suatu penyakit. Baru-baru ini, sebuah studi juga menunjukkan bahwa klorofil dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka secara signifikan, seperti luka bakar.

Selain itu, klorofil juga berperan dalam mengurangi peradangan lokal pada kulit, memperkuat jaringan tubuh, membunuh kuman penyebab penyakit, serta meningkatkan ketahanan sel terhadap infeksi.

5. Membantu Proses Terapi Pada Penderita Kanker
Sebuah studi telah membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan berklorofil rendah memiliki resiko terserang kanker usus besar yang lebih tinggi. Studi lain juga telah menunjukkan bahwa klorofil mampu merangsang proses detoksifikasi enzim pada organ hati secara efektif guna melindungi terhadap karsinogen berbahaya lainnya.

Klorofil sangat efektif dalam memerangi kaner seperti kanker usus besar, yaitu dengan merangsang induksi apoptosis. Karsinogen yang ada dalam udara dapat dicegah karena lindungan klorofil. Klorofil juga dikenal dapat menahan penyerapan gastrointestinal dari racun berbahaya  atau aflaktosin dalam tubuh. Klorofil beserta turunannya, klorofilin, bisa menghambat metabolisme prokarsinogen yang dapat mengganggu DNA sekaligus menyebabkan kanker hati dan hepatitis. Terbukti, kemanjuran makan berklorofil sebagai senyawa fitokimmia dapat mengurangi tumorigenesis.

Klorofil membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi klorofil yang seimbang dan tak berlebihan akan membawa kita pada derajat kesehatan dan kebugaran jasmani yang tinggi.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...