Home / Artikel Kesehatan / 5 Tips dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan Alami

5 Tips dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan Alami

Ternyata selain sebagai bumbu dapur, bawang putih bisa dijadikan sebagai perawatan untuk memperoleh kecantikan yang alami. Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kecantikan? Yuk, simak.

1. Mengatasi Jerawat dan Noda Bekas Jerawat
Bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat anti jamur, sehingga dapat digunakan untuk menyningkirkan jerawat keras kepala yang bikin frustasi.

Caranya : potong bawang putih segar. Gosok dengan lembut bagian kulit wajah yang terdapat komedo, jerawat, dan noda bekas jerawat membandel. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air dingin. Jerawat yang meradang akan sembuh dalam sehari. Selain itu, mengoleskan bawang putih dapat mencegah bekas jerawat pula.

2. Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih
Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah komedo, terutama bagi wanita. Terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang berminyak.

Caranya : ambil 2-3 siung bawang putih haluskan. Tambahkan 1 sendok makan oatmeal, 1-2 tetes minyak pohon teh, dan setengah sendok teh perasan jeruk nipis. Campurkan seluruh bahan dengan madu. Oleskan tipis-tipis pada kulit wajah. Biarkan selama 2-3 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini tiga kali dalam seminggu untuk merasakan perubahannya. Komedo? Nggak lagi-lagi!

3. Anti Keriput dan Mengecilkan Pori-pori
Manfaat bawang putih bagi kecantikan salah satunya adalah anti-penuaan dini. Kandungan anti-oksidannya yang kuar membantu mengurangi radikal bebas, serta memperbaharui sel-sel kulit sehingga tampak muda. Hal ini juga dikarenakan kandungan sulfur yang meningkatkan produksi kolagen untuk memerangi keriput pada wajah.

Caranya : pembesaran pori-pori rupanya menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Untuk memeprkecil pori-pori, tumbuklah 1 buah tomat dan 3-4 siung bawang putih. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan sekitar 20 menit. Basuh wajah dengan air hangat, dan tutup pori-pori dengan percikan air dingin di akhir. Baik tomat maupun bawang putih, keduanya memiliki antiseptik yang mampu melawan penyumbatan kulit, mengecilkan pori-pori, sekaligus mengencangkan kulit Anda. Yuk, awet muda dengan bawang putih!

4. Menyamarkan Stretch Mark
Tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stretch mark muncul, tetapi bawang putih pasti dapat membantu Anda menyamarkan bekas mereka. Stretch mark dikenal akan berkurang dan hilang jika Anda menggunakan bawang putih sebagai pengobatan.

Caranya : minyak gosok adalah salah satu obat rumahan yang disarankan untuk masalah ini. Untuk membuatnya lebih efektif, tambah beberapa siung bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam minyak yang Anda gunakan. Pijat bagian kulit yang terdapat stretch mark dengan minyak tersebut secara rutin. Dalam beberapa minggu, Anda pasti akan melihat perubahannya: kulit mulus tanpa stretch mark.

5. Bawang Putih Untuk Rambut yang Lebih Indah
Bawang putih sasngat baik untuk pertumbuhan rambut. Bawang putih dapat mengurangi kerontokan, meningkatkan regenerasi folikel rambut, melindungi kulit kepala, dan memperkuat akar rambut Anda.

Kandungan allicin dalam bawang putih ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga rambut rontok bisa dicegah dan pertumbuhan rambut semakin cepat. Bawang putih juga memiliki sifat anti-bakteria dan anti-jamur yang dapat mencegah ketombe dan kulit kepala gatal.

Caranya : haluskan beberapa siung bawang putih dan tambahkan ke dalam shampoo atau conditioner Anda. Pastika bahwa Anda  tidak menggunakan shampoo atau conditioner bawang putih lebih dari dua kali sebulan. Penggunaan bawang putih yanng berlebihan bisa membuat kulit kepala dan rambut Anda malah kering. Untuk menghilangkan bau menyengat yang ditimbulkan oleh bawang putih, Anda bisa campurkan madu ke dalam shampoo atau conditioner pula. Di samping itu, madu juga mampu berperan sebagai conditioner alami untuk rambut Anda, lho. Jadi tunggu apa lagi? Ingin segera mendapatkan rambut indah alami, kan?

Wah… Di balik kesederhanaannya, bawang putih punya segudang manfaat untuk kecantikan, ya?

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...