Home / Artikel Kesehatan / 6 Hal Penyebab Terjadinya Kaki Bengkak Dan Edema Serta Herbal Untuk Mengobatinya
6 Hal Penyebab Terjadinya Kaki Bengkak Dan Edema Serta Herbal Untuk Mengobatinya

6 Hal Penyebab Terjadinya Kaki Bengkak Dan Edema Serta Herbal Untuk Mengobatinya

Edema adalah sebuah kondisi medis dimana terjadi penumpukan cairan dalam jaringan tubuh. Biasanya, akumulasi cairan yang berlebihan di bawah kulit dan terjadi dalam waktu yang relatif lama sehingga menyebabkan bengkak pada beberapa bagian tubuh. Edema juga kerap disebut retensi air atau kelebihan cairan dalam jaringan tubuh, sistem peredaran darah atau rongga dalam tubuh. Pembengkakan yang paling umum adalah terlihat di tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki dan kaki.

Edema Pada Kaki

Bengkak kai akibat edema selain terjadi pada ibu hamil, keadaan ini juga sering terjadi pada mereka yang mengalami cedera, gagal jantung, atau pun penyakit lainnya. Pembengkakan juga bisa muncul pada orang-orang yang tidak aktif secara fisik, mereka yang mengonsumsi banyak obat-obatan dalam jangka waktu yang lama, juga mereka yang melakukan perjalanan dengan waktu penerbangan yang panjang.

Meskipun faktanya  edema tidak mengancam jiwa, penting juga untuk diketahui bahwa itu mungkin merupakan bagian dari gejala penyakit serius seperti kelainan  ginjal atau gagal jantung.

Jika tidak ada kondisi serius yang mendasari penyebab edema, ada banyak cara di mana Anda dapat menghindari retensi air dan mengurangi pembengkakan.

Kenali Penyebab Edema

Kelebihan Asupan Sodium

Kelebihan konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan tidak mengkonsumsi cukup air akan membuat tubuh Anda menggunakan cadangan air di tubuh, dan ini dapat menyebabkan tubuh lebih banyak menahan air. Apakah Anda tahu bahwa air dapat membuat sel-sel meluas ukurannya hingga 20 kali?

Perlu diketahui Garam bukanlah satu-satunya produk yang mengandung sodium. Sodium juga terkandung dalam makanan olahan seperti daging olahan dan beberapa bumbu dan sayuran kalengan. Di sisi lain, Garam Himalaya atau garam laut Celtic memiliki kemampuan untuk dapat memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh garam meja.

Kekurangan Magnesium

Kekurangan magnesium dapat menjadi penyebab lain untuk retensi air. Magnesium adalah mineral penting bagi hampir semua fungsi dalam tubuh manusia, sehingga jika terjadi kekurangan magnesium dalam tubuh Anda, dapat menghambat fungsi normal dari tubuh Anda, dan berakibat pada terjadinya retensi air atau edema.

Berdasarkan penelitian terbaru, konsumsi 200mg magnesium per hari secara signifikan dapat mengurangi edema pada wanita yang mengalami gejala pramenstruasi. Selain itu, asupan makanan tinggi magnesium atau mengambil suplemen magnesium juga akan meringankan kondisi ini.

Anda bisa mendapatkan asupan magnesium dari makanan seperti bayam, buah-buahan kering, cokelat hitam, kacang, yoghurt, sayuran hijau gelap, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang polong.

Defisiensi Vitamin B6

Vitamin B6 bertugas mengontrol banyak aspek keseimbangan air dalam tubuh manusia, yang ini artinya bila tubuh Anda memiliki kekurangan vitamin B, dapat mengakibatkan edema.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sciences Caring, wanita yang memiliki edema yang disebabkan oleh sindrom pramenstruasi, berhasil memperbaiki kondisi mereka dengan mengambil vitamin B6. Vitamin B6 adalah termasuk dalam golonngan vitamin yang larut dalam air yang membutuhkan banyak kofaktor untuk fungsi, dan pilihan terbaik adalah untuk mendapatkannya  dari makanan sehari-hari. Makanan yang kaya akan vitamin B6 termasuk kentang dengan kulitnya, ayam, kacang pistachio, ikan tuna, kalkun, daging sapi tanpa lemak, pisang, buah kering dan biji bunga matahari.

Kekurangan Kalium

Mineral yang penting untuk fungsi normal dari sel, organ, dan jaringan tubuh adalah kalium. Adalah sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi terlalu banyak garam dan minimnya asupan makanan tinggi kalium, mengakibatkan Anda kekurangan kadar kalium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan retensi air. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram, kejang otot dan berat badan, juga. Selain itu, mineral ini dapat mengurangi kadar sodium, dan ini akan mengurangi retensi air.

Kalium terkandung dalam sebagian besar buah terutama pada buah semangka, belewah dan melon.

Dehidrasi

Kekurangan asupan cairan akan mengakibatkan dehidrasi. Pada kasus dehidrasi berat tubuh Anda masuk dalam mode bertahan hidup dan akan menahan air dalam tubuh. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk mengkonsumsi banyak air dan jus yang kaya akan kalium. Perlu diingat bahwa kopi dan minuman soda akan memperburuk keadaan dehidrasi menjadi lebih parah!

Konsumsi berlebihan makanan instant

Makanan olahan mengandung tinggi natrium dan gula, serta juga mengandung zat aditif yang dapat bertindak sebagai racun dan dalam waktu yang sama membebani fungsi hati dan ginjal Anda. Makanan berlimpah gula, dan terutama pemanis buatan dapat menyebabkan peningkatan pesat dalam kadar gula darah dan insulin.

Herbal yang bermanfaat untuk Mengurangi Edema

Berikut ada daftar herbal yang sangat bermanfaat untuk mengurangi retensi air berkat sifat diuretik mereka yang kuat:

Peterseli

Bawang putih

Dandelion

Ekor kuda

Adas

Rambut jagung

Kembang sepatu

Teh Jelatang

 

sumber: http://www.centerforhealthylife.**m/6-causes-water-retention-reverse/

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...