Home / Artikel Kesehatan / 6 Herbal Untuk Penyembuhan Bronkitis Akut Secara Alami

6 Herbal Untuk Penyembuhan Bronkitis Akut Secara Alami

Tulisan yang luar biasa ini ditulis oleh Dr Sarah Brewer, seorang Dokter berlisensi, Ahli Gizi Terdaftar, juga Nutritional Therapist yang Terdaftar! Seperti yang dilansir dalam web resminya drsarahbrewer.com

Bronkitis akut adalah kondisi umum yang mempengaruhi sekitar 1 dari 20 orang setiap tahun. Penyakit pernapasan ini adalah termasuk infeksi yang relatif ringan yang terjadi pada saluran udara yang lebih besar, bronkus, dan ini disebabkan infeksi virus dalam setidaknya 95% kasus. Biasanya penyebabnya infeksi adalah virus yang sama yang menyebabkan flu biasa, seperti rhinovirus, adenovirus dan virus parainfluenza.

Apa itu Bronkitis Akut?

Bronkitis akut adalah peradangan pada selaput lendir yang melapisi saluran udara yang lebih besar Anda (trakea dan bronkus) yang sering juga diikuti dengan gejala pilek. Ketika saluran udara Anda meradang akan mengeluarkan peningkatan jumlah lendir berwarna kuning hingga kehijauan dan dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan mengi. Anda juga dapat menderita serak karena pita suara Anda yang terpengaruh.

Anda mungkin akan merasa sakit di belakang tulang dada dan dapat mengalami demam ringan. Dalam kebanyakan kasus, gejala bronkitis datang tiba-tiba dan hilang dengan cepat dalam waktu 5 hari, meskipun virus dapat bertahan selama satu sampai tiga minggu.

Karena bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus, obat-obatan antibiotik tidak efektif, dan dokter hanya akan memberikan resep ini jika mereka mencurigai Anda memiliki infeksi bakteri dengan demam tinggi, tanda-tanda kelainan pada paru-paru, atau jika Anda memiliki pra-kondisi paru-paru seperti asma atau bronkitis kronis (COPD) yang menjadi lebih buruk.

Studi klinis membandingkan pengobatan bronkitis akut menggunakan antibiotik atau ibuprofen menunjukkan bahwa pengobatan ini tidaklah lebih efektif daripada plasebo, dan juga mengingat efek samping obat yang tidak diinginkan.

Bagi kebanyakan orang, yang dinyatakan fit dan baik kesehatannya secara umum, pengobatan mandiri adalah pilihan yang paling efektif.

Penyembuhan Herbal Alami untuk Pengobatan Bronchitis

Jika Anda sedang mencari solusi yang lebih holistik, herbal di bawah ini adalah pengobatan bronkitis alami yang manjur. Beberapa obat-obatan herbal memiliki aktifitas antivirus dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi gejala bronkitis.

Pelargonium

Herbal alami ini adalah pengobatan yang paling efektif mengobati bronkitis akut. Ini lebih efektif daripada obat yang bisa saya resepkan sebagai seorang dokter,  dan pada satu kasus dosis Pelargonium bekerja dalam waktu 20 menit untuk mengembalikan suara saya ketika hendak bersiap untuk wawancara radio. Pelargonium merupakan ekstrak dari akar geranium Afrika Selatan yang memiliki aktifitas antivirus dan antibakteri. Ini juga merangsang pembersihan lendir dengan mempercepat gerakan rambut halus (silia) pada lapisan saluran pernapasan. Pelargonium dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, pilek, radang tenggorokan dan sinusitis serta bronkitis akut.

Bawang putih

Bawang Putih digunakan untuk mengobati kelebihan dahak dan bronchitis oleh orang Yunani kuno. Penelitian modern menunjukkan ia memiliki sifat antivirus dan antibakteri, serta meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Saya biasanya merekomendasikan mengambil ekstrak bawang putih hitam karena mengandung  antioksidan lebih tinggi juga agen anti-inflamasi dibanding ekstrak bawang putih biasa dan, sebagai bonus, ekstrak bawang hitam atau black garlic tidak berbau menyengat yang membuat obat ini lebih diterima secara sosial!

Echinacea

Ini adalah herbal tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati gejala pernapasan seperti bronkitis. Echinacea meningkatkan jumlah dan aktivitas sel-sel darah putih yang melawan infeksi. Hal ini juga meningkatkan produksi interferon yang merupakan antivirus alami dalam tubuh.

Ginseng Siberia

Ini adalah ramuan yang membangkitkan kekebalan tubuh yang bekerja dengan cara yang mirip dengan Echinacea. penelitian Rusia menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsinya secara teratur memiliki penurunan resiko sekitar 40%  untuk mengalami bronchitis, pilek, flu dan infeksi lainnya daripada yang tidak mengkonsumsinya. Ginseng Siberia (Eleutherococcus) merupakan bantuan besar untuk kesehatan Anda dalam memulihkan sakit bronchitis Anda.

Propolis

Zat alami luar biasa ini merupakan antiseptik alami yang dihasilkan oleh lebah madu untuk menjaga sarang mereka dari infeksi. Propolis berisi bioflavonoid dengan aktifitas antibakteri dan antivirus dan bermanfaat untuk mengobati bronkitis akut.

Madu

Seperti madu manuka memiliki aksi antibakteri yang sangat bagus untuk menenangkan sakit tenggorokan. Dan kemampuan madu dalam menyembuhkan sudah tak mungkin terbantahkan lagi dengan banyaknya penelitian yang membuktikan khasiatnya.

sumber: http://theheartysoul.com/herbs-natural-bronchitis-treatment/

Check Also

Ilmuwan Buktikan Kurma Ajwa Mengatasi Sihir dan Dengki

Terkait dengan Sihir ,para pakar telepati inggris menyampaikan hasil penelitian di sebuah majalah telepati , ...

...