Home / Artikel Kesehatan / 7 Rahasia Orang Jepang Hidup Sehat dan Berumur Panjang

7 Rahasia Orang Jepang Hidup Sehat dan Berumur Panjang

Orang-orang di Negeri Matahari Terbit, Jepang, dikenal memiliki angka harapan hidup yang lebih panjang ketimbang di negara lain.Yang ada pada gambar di atas itu ialah Shigechiyo Izumi. Shigechiyo Izumi pernah tercatat sebagai ptia tertua di dunia oleh Guiness World Records, dengan usia 120 tahun, 237 hari. Kalau masih belum percaya, ketik saja ‘Misao Okawa’ di mesin pencarian, maka muncullah sosok wanita tua asal Jepang yang usianya mencapai 117 tahun, 20 hari. Terbukti, bahwa bangsa Jepang memang cenderung hidup lebih lama daripada bangsa lain.

Kira-kira mengapa bisa demikian, ya? Emangnya Yangkung Shigechiyo dan Yangti Misao makan apaan sampai bisa berumur 100 tahun lebih? Yuk, simak! Eh tapi…ssstt, jangan bilang-bilang, ya. Rahasia!

1. Daging Ikan vs Daging Merah

Orang-orang Jepang tidak banyak makan daging merah, seperti daging sapi, kambing, ataupun domba. Daging merah mengandung lebih banyak kolestrol daripada daging ikan, sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Bahkan, di Jepang, daging ikan bagaikan suatu kewajiban tiap makan. Hal ini tidak hanya membuat kolestrol dalam tubuh mereka rendah, tetapi juga membuat mereka memperoleh segudang manfaat dari minyak ikan itu sendiri: daya tahan tubuh tak tertandingi!

2. Susu, Mentega, dan Keju? No, Thanks!

Duh, duh. Siapa sih yang nggak suka susu beserta olahannya? Ternyata, kebanyakan orang Jepang tidak toleran pada laktosa, alias gula yang terkandung dalam susu. Memang, sih, ada susu non-fat yang katanya baik buat kesehatan. Tapi tetap saja, kadar lemak dan kolestrol di dalamnya sebenarnya cukup mengejutkan, dan perlahan-lahan bisa membunuh kita bak rindu yang mendalam. Orang Jepang nggak mau konsumsi susu, mentega, atau keju terlalu berlebihan. Yang mana menegaskan sekali lagi kalau mereka selalu berusaha menghindari kolestrol ekstra dalam tubuh.

3. Nggak Makan Nasi, Nggak Afdol

Orang Indonesia belum makan kalau belum makan nasi. Di Jepang hampir sama kok, sebetulnya. Mereka juga makan nasi dengan hampir segala sesuatu. Hanya saja kandungan beras Jepang dan beras Indonesia berbeda. Beras Jepang menyimpan kandungan amilosa yang lebih rendah dibanding beras pada umumnya di Indonesia. Selain tinggi nutrisi, bangsa Jepang juga suka makan nasi karena rendah lemak dan dapat mengenyangkan perut. Eh tapi kalau mau hidup sehat, beras yang dipakai tidak harus beras Jepang, kok. Kita bisa menggunakan beras cokelat, beras merah, atau beras hitam.

4. Kedelai yang Bejibun

Tahu, tauge, kecap, dan sebagainya sangat cocok kalau mau mendapatkan banyak protein nabati dan mengurangi penyakit jantung serta tekanan darah tinggi. Produk kedelai memang mengagumkan untuk menjadi alternatif daging, susu, atau hal tidak sehat lainnya.

5. Mmm, Rumput Laut

Ah, rumput laut selalu mengingatkan kita akan keindahan wisata bahari. Orang-orang Jepang suka makan rumput laut. Kandungan rumput laut di antaranya: iodin, vitamin K, kalsium, zat besi, serat alami, omega, dan banyak lagi. Tuh kan, yuk kita jalan-jalan ke pantai cari rumput laut! (alasan)

6. Teh Dulu, Teh Lagi, Teh Terus

Bangsa Jepang, kayak Shigechiyo dan Misao, minum banyak teh dalam hidup mereka. Tahu sendiri kan, Jepang sampai punya upacara minum teh! Itu lho, yang harus duduk berlutut sampai kaki kesemutan. Tapi mau bagaimana pun juga, minum teh memang sangat perlu bagi kesehatan kita. Misalnya, teh oolong/teh hijau yang indentik dengan Jepang. Ia kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan kanker, sekaligus mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang di masa tua, kayak diabetes, hipertensi, kolestrol tinggi, dan lain-lain.

7. Piring Kecil, Porsi Sedikit

Nih, ada trik: kalau nggak mau gendut, buang piring-piring di dapur yang segede gaban, dan ganti dengan piring berukuran kecil. Faktanya, menggunakan piring kecil  membuat orang makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya. Teori ini dianut pula oleh bangsa Jepang, sehingga mereka bebas dari yang namanya overweight atau gendats! Dengan begitu, mereka jadi terhindar dari kemungkinan serangan jantung, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya.

Nah, ternyata itu tadi adalah 7 rahasia Yangkung Shigechiyo dan Yangti Misao biar bisa berumur panjang. Sobat infoherbalis bisa terapkan tips-tips di atas jika memang ingin hidup sehat bak orang Jepang. Et, tapi diam-diam saja, ya… Kan rahasia!

Check Also

Lakukan Gerakan Senam Ayun Tangan Ini, Benjolan Payudara Segera Sembuh!

Gerakan ini dapat membantu para wanita untuk menyembuhkan benjolan di payudara. Gerakan ini sangat sederhana…hanya ...

...