Home / Apotik Hidup / Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing
Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing
Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin lah obatnya ” si B juga jawab ” saya mah minum kopi aja cukup, ilang deh pusing nya , nah kalo saya sendiri yang jawab¬† : pusing bisa ilang kalo dikipasin duit 100 ribu ūüėÄ lima lembar ,¬† langsung ilang pusing nya , hehe ūüėÄ maksudnya bisa beli obat sisanya buat shoping ya guys hehehe. Ok disini bahas soal pusing , kadangkala kita salah persepsi nih guys , mengartikan pusing dianggap sama dengan sakit kepala , atau sakit kepala dianggap¬† sama dengan migrain ( sakit kepala sebelah ) nah karena perbedaan persepsi tadi , terkadang langkah pertama kita mengambil jalan pengobatan kadang juga gak tepat guys, yang akhirnya salah penanganan , gak sesuai target, sia sia minum obat , tapi sakitnya gak kunjung reda, oleh karena itu yuk belajar mendeteksi apakah sakit yang dikepala itu bener bener sakit kepala , atau hanya pusing atau bahkan migrain.

PUSING

Kepala pusing atau bahasa inggrisnya dizzy alias vertigo hadir dengan ciri kepala rasanya berputar putar , ada perasaan mau jatuh, kehilangan keseimbangan tubuh , bahasa jawanya geliyeng, kaya naik kapal laut terombang ambing, bahkan sampe jatuh pun ada , dipake tidur juga tetep berputar putar , apa penyebabnya ya guys ?

  • PASOKAN DARAH TIDAK CUKUP KE OTAK

Gejalanya perasaan mau pingsan , mata gelap, hal ini disebabkan pasokan darah ke otak  mengalami kelambatan sehingga tidak cukup memenuhi otak , akhirnya menyebabkan pusing berasa akan pingsan  alias kehilangan kesadaran , ciri seperti ini paling sering di alami oleh para penderita gagal jantung atau  lemah jantung.

  • DISEBABKAN KARENA VERTIGO

Pusing keliyengan , seluruh ruangan berputar terus menerus  nah kalo ini gejala vertigo , atau bisa juga infeksi telinga bagian dalam , dapat menyebabkan pusing berputar putar seperti ini .

  • KARENA PARKINSON

Ada lagi semacam kehilangan keseimbangan , mau pingsan  rasanya , berdiri susah, seperti diombang ambing , hal ini terjadi pada para penderita parkinson.

  • TEKANAN DARAH RENDAH

Pusing tiba tiba terjadi pada orang yang tekanan darahnya turun ,akan terasa pusing nggelieng , terutama setelah duduk dari  kursi lalu berdiri ,akan membuat badan seperti mau jatuh, hilang keseimbangan , ruangan berputar sedikit, dari sini akan bisa di lihat ciri bagi  penderita darah rendah ( hipotensi )

  • MATA MINUS/SILINDER

Nah pusing  pada kepala ternyata masuk dalam klasifikasi mata minus maupun silinder, biasanya akan merasa pusing ,bila tidak memakai alat bantu untuk melihat benda ataupun tulisan  dengan fokus.

  • KARENA HIPOGLIKEMIA

Kadar gula yang turun pada seseorang akan mengakibatkan pusing pada kepala nya , hal ini disebabkan pasokan glukosa pada otak yang tidak terpenuhi , mengakibatkan hal tersebut.

  • KONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL / NAIK KENDARAAN LAUT DARAT UDARA

Meminum minuman beralkohol akan menyebabkan kehilangan kesadaran secara bertahap , dan permulaanya akan di awali dengan pusing di kepala , berkunang kunang , ruangan berputar bahkan sampe menyebabkan muntah dan mual , sama juga dengan bagi yang tidak terbiasa berpergian naik kenadaraan entah itu kendaraan darat , kapal laut maupun pesawat terbang , hal ini juga memicu adaptasi tubuh sehingga menyebabkan pusing , bahkan sampai mual dan muntah .

Nah itu tadi jenis jenis dari pusing dan penyebabnya guys , lalu bagaimana dengan sakit kepala alias headache  dan migrain ?? Sakit kepala timbul dengan ciri nyeri didaerah kepala , bisa keseluruhan bisa sebagian , bahkan nyerinya bisa menjalar pada area didekat nya, entah itu wajah , pipi , leher dan lain lain . Sedangkan migrain adalah masuk dalam kategori sakit kepala guys .

Sakit kepala dibagi menjadi dua

  • Sakit kepala Primer

Disebabkan karena gangguan  pada otot sekitar kepala dan leher , juga bisa terjadi karena aktivitas kimia dotak, pembuluh darah dan saraf .

  1. Migrain termasuk dalam ketegori sakit kepala primer , cirinya yaitu nyeri pada bagian separuh kepala bisa juga keseluruhan , bisa terjadi berulang ulang .
  2. Sakit kepala tegang , hal ini terjadi pada daerah belakang mata , dan ini sakit nya minta ampun guys terjadi kaarena kurang tidur, dehidrasi , telat makan dan kebanyakan alkohol.

 

  • Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala ini terjadi dikarenakan dampak dari  penyakit   misalnya   sakit gigi, gloucoma , infeksi telinga,  rambut yang ketarik dalam waktu lama, influenza , perubahan  hormon karena pil kb ,meningitis, radang otak , Neuralgia trigeminal, dan serangan panik .

Untuk mengatasai sakit kepala dengan cepat,  baru baru ini  guys , ada pemberitaan dari seorang ahli gizi bernama Lily Soutter dari lembaga Nuffield Health , yang mengatakan bahwa untuk menghilangkan sakit kepala dengan cepat cukup dengan menggigit cabe rawit , karena dalam kandungan cabe rawit terdapat capsaicin yang memang terbukti menghilangkan sakit kepala dengan cepat .

Nah itu tadi perbedaan antara pusing pada kepala , sakit kepala dan migrain , kenali setiap gejalanya maka kamu dapat melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat sasaran ya guys , semoga bermanfaat ūüôā

Sumber : Liputan 6

Nuffieldhealth.com

 

 

 

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...