Home / Artikel Kesehatan / Anda Harus Tahu 5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Anda Harus Tahu 5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Kemiri atau dalam bahasa inggris disebut candlenut adalah tumbuhan yang bijinya biasa dimanfaatkan untuk minyak dan rempah-rempah. Kemiri memiliki rasa yang manis. Selain menjadi salah satu bagian dari bumbu dapur, ternyata minyak kemiri bisa membawa manfaat yang bagus lho untuk rambut Anda.

Penasaran? Yuk, simak.

1. Membuat Rambut Tetap Hitam

Minyak kemiri bisa membuat rambut hitam Anda tetap terjaga dan tampak lebih berkilau. Selain itu, minyak kemiri bila diaplikasikan secara rutin mampu mempertajam warna rambut asli Anda,

2. Kurangi Rambut Rontok

Apakah rambut Anda menipis dan rontok? Anda bisa mengatasinya dengan minyak kemiri, karena minyak kemiri bisa mengurangi dan bahkan mencegah rambut rontok dari akarnya. Kandungan protein dan mineral pada kemiri bisa menguatkan akar rambut.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Masalah rambut rontok biasanya meninggalkan area yang terlihat botak. Penggunaan minyak kemiri secara teratur bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat dan lebih sehat sekaligus kuat.

4. Membuat Rambut Lebih Tebal

Nutrisi yang terkandung dalam kemiri memberikan akar rambut ‘makanan’ yang sehat.  Hal ini menyebabkan rambut tumbuh lebih sehat, halus, dan tebal setiap helainya.

5. Mengatasi Uban

Jika rambut Anda beruban, Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk membuatnya hitam dan memberi nutrisi pada rambut Anda. Dengan demikian, rambut abu-abu atau bahkan putih tidak akan muncul lagi di kepala Anda.

Bagaimana cara membuat dan memakai minyak kemiri?

Untuk membuat minyak kemiri akan membuat dapur Anda sedikit berantakan. Berikut adalah bahan yang diperlukan:

  1. kemiri 250 gram
  2. air putih secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci kemiri hingga bersih. Tumbuk menjadi serpihan kecil, namun jangan terlalu halus. Sekiranya mudah untuk disaring.
  2. Setelah kemiri dihaluskan, campurkan kemiri halus dengan air secukupnya. Kemudian, peraslah hingga santan keluar. Proses pemerasan sama halnya ketika Anda memeras santan kelapa.
  3. Setelah santan disaring, didihkan di atas api kompor sambil diaduk-aduk agar penguapan yang terjadi sempurna. Langkah ini memakan waktu agak lama.
  4. Setelah minyak jadi, biarkan hingga dingin. Peras minyak dengan kain, kemudian masukkan perasan tersebut ke dalam botol untuk disimpan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli minyak kemiri dalam kemasan agar lebih praktis. Yang perlu diperhatikan adalah waspada saat membelinya, jangan sampai  Anda mendapatkan produk tiruan minyak kemiri.

Bagaimana cara memakai minyak kemiri?

Cara pakai minyak kemiri cukup mudah, cukup oleskan pada rambut dan kulit kepala. Pijat lembut dan diamkan 1 jam atau 1 malam. Lalu bilas seperti biasa. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu, dan lihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...