Home / Artikel Kesehatan / Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Anda 10 Jam Setelah Menggunakan Kutek Atau Cat Kuku?
Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Anda 10 Jam Setelah Menggunakan Kutek Atau Cat Kuku?

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Anda 10 Jam Setelah Menggunakan Kutek Atau Cat Kuku?

Dampak buruk yang sudah banyak diketahui tentang penggunaan cat kuku atau kutek adalah kerusakan kuku.  sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan cat kuku, atau kuku Anda akan mulai mengering dan menjadi kuning. Namun, ternyata dampak buruk dari cat kuku ini tidak sampai di sini saja, ini bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh yang lebih serius.

Kami tidak mendesak Anda untuk meninggalkan cat kuku sama sekali. Tetapi setidaknya kami informasikan kepada Anda daftar efek negatif  cat kuku atau kutek terhadap kesehatan tubuh Anda yang bisa jadi prtimbangan bagi Anda penggemar cat kuku/ kutek.

Apa bahaya utamanya bagi kesehatan Anda?

Bahaya cat kuku terletak pada toksisitasnya. Beberapa kosmetik perawatan kuku modern mengandung komponen berikut, yang dapat merusak kesehatan Anda secara serius:

Toluena – pelarut yang memberi cat kuku konsistensi dan hasil yang baik dan juga mempertahankan warnanya. Toluena dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan gangguan reproduksi. Sakit kepala, kelemahan, pingsan, dan mual hanyalah beberapa kemungkinan akibat penggunaan cat kuku di bawah standar.

Formaldehid – gas tak berwarna ini membantu meningkatkan masa kadaluarsa cat kuku atau disebut pengawet. Jika Anda menderita alergi, kontak dengan formaldehid dapat menyebabkan dermatitis dan kemungkinan luka bakar kimia. Pada kasus yang lebih parah, bisa memicu gangguan irama jantung, kejang, dan kanker.

Dibutyl Рhthalate digunakan sebagai pewangi kutek. Kehadiran komponen berbahaya ini dapat menyebabkan kelainan endokrin, penyakit ginekologi, dan penyakit saluran pernafasan.

Ilmuwan melakukan penelitian dengan sekelompok 24  orang wanita. 6 jam setelah melukis kuku mereka dengan kutek, pada sebagian besar peserta menunjukkkan peningkatan kadar difenil fosfat – turunan dari triphenyl fosfat yang terbentuk dalam proses metabolisme tubuh. 10 jam setelah awal percobaan, kadar difenil fosfat dalam tubuh semua peserta meningkat menjadi 7 kali di atas normal. Hasil ini benar-benar mengkhawatirkan.

Bagaimana Anda memilih cat kuku yang tidak akan menyebabkan kerusakan pada kesehatan Anda?

Beberapa produk cat kuku memiliki tanda-tanda khusus sebagai berikut:

“5-Free” berarti bahwa produk tidak mengandung formaldehid, resin turunannya (resin formaldehid), toluena, dibutil ftalat, atau kamper.

“3-Free” berarti bahwa cat kuku ini bebas dari hanya tiga komponen berbahaya: formaldehida, dibutil ftalat, dan toluena.

Sebelum membeli cat kuku, perhatikan kandungan zat dalam produk tersebut  dan ingat, kesehatan Anda ada di tangan Anda sendiri!

sumber: https://brightside.me/inspiration-health/what-happens-to-your-body-10-hours-after-you-apply-nail-polish-327910/

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...