Home / Artikel Kesehatan / Atasi Munculnya Uban dengan 5 Bahan Alami Ini dan Rambut pun Hitam Kembali!

Atasi Munculnya Uban dengan 5 Bahan Alami Ini dan Rambut pun Hitam Kembali!

Sedang asyik berkaca dan menata rambut, Anda menemukan helaian rambut putih di antara helaian rambut lain yang hitam.

Duh, uban!

Kehadiran uban membuat penampilan Anda jadi kurang menarik. Selain itu, beruban dini akan membuat Anda nampak bertahun-tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi tumbuhnya uban? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Perasan Jeruk Lemon dan Buah Cermai

Cermai adalah buah yang populer di India yang diyakini bisa menyembuhkan hampir semua penyakit di dunia. Jika Anda ingin melawan obesitas, masalah pencernaan, infeksi kulit, masalah rambut, dan lain-lain, maka cermai adalah pilihan yang tepat. Selain itu, buah cermai juga dikenal sebagai ‘amla’ di India. Untuk mengatasi rambut uban, Anda membutuhkan buah cermai dalam bentu bubuk. Campurkan buah cermai dalam bentuk bubuk dengan air perasan jeruk lemon. Oleskan pada kulit kepala Anda secara merata. Lakukan dengan rutin dan dapatkan hasil yang maksimal.

2. Bawang Merah

Bawang bisa bikin mata Anda berair, namun Anda bisa gunakan bawang merah yang telah dihaluskan untuk menangani masalah munculnya rambut uban. Caranya, haluskan bawang merah yang telah dikupas dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian, dengan berhati-hati, oleskan bawang merah halus pada kulit kepala Anda dan biarkan sampai kering. Bilas dan cuci rambut Anda setelah 30 menit atau lebih. Anda bisa keramas menggunakan shampoo, sebab bawang merah akan meninggalkan bau yang tidak sedap. Lakukan setiap hari agar rambut berubah warna jadi hitam kembali.

3. Minyak Kelapa dan Perasan Jeruk Lemon

Kehadiran uban memang sangat menjengkelkan dan merusak penampilan. Jika Anda ingin menghilangkan uban dan membuat rambut Anda menjadi hitam kembali, campurkan minyak kelapa dan perasan jeruk lemon. Ini adalah obat alami yang bekerja ampuh untuk melawan uban. Oleskan campuran minyak kelapa dan jeruk lemon pada kulit kepala. Lakukan sekali sehari hingga mendapat hasil yang diinginkan.

4. Jus Wortel

Selain rasanya yang segar, jus wortel juga sangat menyehatkan. Jika Anda menginginkan rambut hitam dan mencegah tumbuhnya uban di usia muda, perbanyaklah minum jus wortel. Di samping itu, jus wortel juga menjaga rambut Anda tetap sehat dan kuat. Tidak perlu memakaikan jus wortel pada rambut Anda, karena manfaatnya akan lebih banyak bila Anda mengonsumsinya sebagai minuman.

5. Biji Wijen dan Minyak Almond

Haluskan biji wijen dan campurkan dengan minyak almond. Oleskan campuran pada rambut serta kulit kepala Anda. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air bersih dan uban pun tak akan lagi mengganggu penampilan Anda. Lakukan dengan rutin agar hasil yang diinginkan tercapai.

Di atas adalah 5 tips perawatan rambut agar terhindar dari uban di usia muda.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...