Home / Artikel Kesehatan / Bahaya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua
Bahaya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua
Bahaya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

Bahaya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

Kalo kita liat di media sosial  entah itu instagram atau fb maupun path, sering banget kita liat maraknya postingan para ibu yang sedang nganterin baby nya ke spa bayi, udah gitu di foto in pas lagi berenang, dengan memakai ring kecil yang di letak kan pada leher si dedek bayi, sebenarnya  jujur saya katakan emang bener sih keliatan lucu menggemaskan and seru liat si dedek antusias dia mengapung and menendang nendang air didalam bak, cuman pertanyaanya, apakah itu aman buat si dedek bayi yaa? setelah saya coba mencari informasi dari berbagai sumber ternyata spa  bayi mempunyai resiko  terhadap fisik, neurologis, dan psikologis si bayi loh. Hal ini dilaporkan oleh Birthlight and the Swimming Teachers’ Association (STA) yang isinya ” pemakaian ring cincin pada leher si bayi dapat membahayakan si bayi ” dari segi tiga hal  diatas .

Kok bisa bahaya? Dilihat dari pertama si dedek bayi datang ke tempat spa bersama ibu nya, lalu si dedek bayi dilepas sendiri dengan menggunakan ring, walaupun didepannya ada ibunya dan orang lain yang memperhatikan, meskipun si dedek bayi terlihat lucu dan mengepak kan kaki mungil nya, akan tetapi si dedek bayi tidak menikmati pengalaman bebas bergerak didalam air. Selain itu dikatakan pula oleh  pendiri Birthlight Francoise Freedman bahwa dengan memakaikan ring pada leher si bayi dan mengapungkannya ke dalam air pada posisi vertikal justru membuat gerak si bayi terbatas, lalu ring busa yang ada pada leher bayi mengakibatkan kompresi vertebra lembut dan halus dalam leher bayi, dan juga terjadi  ketegangan di ligamen dan otot bayi, terutama yang berumur dibawah 5 bulan. Pengembangan hasil gerakan dari kepala ke bawah dan kontrol kepala adalah yang pertama berdampak langsung di bulan-bulan awalnya, di ikuti dengan menggulingkan tubuhnya. Gerakan tubuh utama yang membantu si dedek bayi untuk mencapai tonggak pertama ini dibatasi oleh cincin leher. Nah ini nih yang  penting  banget untuk dipahami  supaya siapapun orangtua  harus mempelajari semua risiko yang berasal dari  perangkat flotasi di leher  si dedek bayi, dan tidak dianjurkan pula mengikutkan spa bayi terutama yang  berumur 5 bulan kebawah. Kalo pun ingin tetap mengikutkan si dedek bayinya untuk ikutan spa bayi alangkah baiknya bila ber konsultasi dahulu sama dokter, boleh atau gak nya, dokter akan memberi saran yang terbaik buat keamanan si dedek bayi. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Tribunnews

 

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...