Home / Artikel Kesehatan / Bebaskan Anak Dari Siksaan SEMBELIT Dengan 6 Makanan Ini

Bebaskan Anak Dari Siksaan SEMBELIT Dengan 6 Makanan Ini

Anak-anak dikatakan sembelit ketika mereka mengalami kurang dari tiga kali seminggu Buang Air Besar (BAB) . Gangguan sembelit ini karena kotoran dalam perut berukuran  besar dan kering. Anak yang terganggu dengan sembelit parah biasanya juga akan merasa kram perut akut, muntah, dan sering ada darah saat buang air besar.

Anak-anak pada zaman moderen ini punya kebiasaan mengkonsumsi makanan miskin serat seperti pizza, bagel, produk susu diobati, sereal olahan dan makanan cepat saji yang memungkinkan anak-anak menderita sembelit. Anak-anak yang tidak mendapat cuku asupan serat dan cairan juga beresiko dilanda sembelit. Makanan Berlemak atau makanan pedas sering bertindak sebagai pemicu untuk IBS (irritable bowel syndrome) akhirnya mengarah ke sembelit.

Sembelit fungsional (jenis yang lebih umum) sebagai lawan sembelit kronis (terutama disebabkan karena beberapa kondisi medis yang mendasari atau melekat) dapat dikontrol dan dikurangi. Orang tua harus mempertimbangkan untuk merubah kebiasaan makan Anak. Mereka harus mendorong anak-anak untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi. Juga, anak-anak harus dibiasakan minum air sebanyak mungkin serta menyerap cairan yang cukup agar tetap terhidrasi dengan baik.

Makanan Alami yang dapat menyembuhkan Sembelit pada Anak

1. Polong-polongan

Kacang Polong merupakan sumber kaya akan serat larut dan penting dalam mendukung gerakan makanan dari kerongkongan ke usus. Setiap secangkir kacang polong menawarkan lebih dari 10 gram serat. Anda bisa membuat sup ataupun mengolah polong-polongan dalam berbagai menu masakan yang menarik bagi anak-anak.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan, terutama almond, walnut,  kacang mete, chestnut, dan pistachio juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Satu porsi yang sangat kecil dari kacang aprikot, walnut, dan kenari (sekitar satu ons masing-masing) memasok serat yang cukup yang dapat membantu melancarkan sembelit. Selain itu kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalori yang tinggi.

3. Biji Serealia

Biji Sereal yang sarat dengan serat sangat membantu anak yang mengonsumsinya untuk buang air besar.

4. Umbi-umbian

Ubi yang dipanggang dengan ukuran sedang memiliki sekitar 3.8g serat yang lebih dari cukup untuk membantu mengatasi sembelit pada anak. Disarankan untuk mengkonsumsi ubi jalar yang belum dikupas.

5. Buah Berry

Buah Beri adalah sumber yang baik dari serat, khususnya stroberi, raspberry, blackberry, dan blueberry. Misalnya, ½ cangkir raspberry memiliki 4g serat yang sempurna untuk mencegah sembelit. Anak-anak dapat mengkonsumsinya mentah atau Anda dapat menyiapkan makanan penutup dari buah berry tersebut.

6. Dried Fruits/ Buah Kering

Buah kering seperti kismis, buah ara, kurma, buah persik, plum, cranberry, ceri, dan barberries ditengarai memiliki lebih banyak serat dibandingkan dengan buah-buahan segar. Misalnya, secangkir kismis terdiri 7g serat sedangkan dalam porsi yang sama anggur memiliki hanya 1 gram serat. Karena tinggi kalori buah-buahan kering ini harus dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Sebagian besar makanan ini dapat dicampur dengan salad dressing, sup, smoothie, dan jus buah untuk membuat mereka lebih sehat.

sumber : http://www.itmlab.**m/foods-that-help-relieve-constipation-in-kids/

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...