Home / Artikel Kesehatan / Biji Pepaya Jangan Dibuang, Dapatkan Khasiat Luar Biasanya!

Biji Pepaya Jangan Dibuang, Dapatkan Khasiat Luar Biasanya!

Pepaya adalah salah satu buah dengan yang penuh nutrisi. Bukan hanya daging buahnya, bahkan satu sendok biji pepaya ternyata punya sejuta manfaat untuk tubuh.

Meski demikian, banyak orang tidak mengetahui hal ini dan malah membuang biji pepaya. Anda kemungkinan tidak akan melakukan hal itu lagi setelah membaca artikel ini sampai habis.

Biji-biji pepaya yang kecil nyatanya memang bisa dimakan. Mereka punya rasa yang cukup kuat, seperti perpaduan antara mustard dan dan merica hitam. Dengan kata lain, biji pepaya bisa digunakan untuk menggantikan merica hitam.

Biji pepaya kaya akan senyawa fenolik dan flavonoid, protein, kalsium, magnesium, dan fosfor. Biji pepaya juga mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antiparasit, dan antibakteri.

Lantas bagaimana cara makan biji pepaya?

Ada 3 macam cara untuk mengonsumsi biji pepaya, di antaranya :

1. Mentah
Cara paling mudah yaitu dengan menyendok langsung biji pepaya dari buahnya dan menikmatinya bersama buahnya.

2. Ditumbuk
Anda bisa mengumpulkan biji pepaya dan menumbuknya sampai halus. Biji pepaya yang sudah dihaluskan dapat disimpan di toples kecil dan diletakkan dalam lemari es selama sekitar satu pekan. Anda juga bisa menyimpannya di freezer supaya tahan lama. Biji pepaya yang ditumbuk bisa ditambahkan pada salad, smoothie, atau sup.

3. Dikeringkan Dan Dihaluskan Menjadi Bubuk
Pilihan lain yaitu dengan mengeringkan biji pepaya di bawah sinar matahari atau menggunakan pemanas makanan. Sesudah kering, haluskan biji pepaya hingga menjadi serbuk. Bubuk biji pepaya bisa ditambahkan ke salad, smoothie, atau sup juga. Anda juga bisa menggunakannnya sebagai bumbu untuk daging ayam atau sapi sebelum dimasak.

Berapa banyak biji pepaya yang wajar dikonsumsi dalam sehari?

Karena biji pepaya mengandung antibakteria yang tinggi, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsinya secara berlebihan atau mereka akan menyebabkan efek samping berupa diare.

Batasi konsumsi biji pepaya setidaknya 1 hingga 2 sendok makan biji pepaya dalam bentuk apapun dalam sehari. Lebih baik lagi jika Anda mulai mengonsumsinya hanya dengan jumlah sedikit, namun meningkat secara bertahap sampai maksimal 2 sendok makan.

Catatan : biji pepaya bekerja sebagai kontraseptif alami, jadi hindari mereka bila Anda berencana untuk hamil. Juga, wanita hamil dan penderita alergi latex atau papain tidak diperkenankan untuk mengonsumsi baik biji pepaya maupun buahnya.

Apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan?

1. Menyehatkan sistem pencernaan
2. Membasmi parasit dalam usus
3. Mencegah kanker
4. Membantu proses detoksifikasi hati
5. Mencegah organ tubuh mengalami peradangan

Semoga bermanfaat.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...