Home / Apotik Hidup / Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau
Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau
Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga yang dijadikan sesajen oleh umat Hindu, bunga disusun rapi pada sebuah tempat anyaman dauh kelapa  dinamakan canang sari, nah pada perayaan tertentu bagi turis domestik maupun international nih guys, bila kita berada dalam lokasi perayaan tersebut, tak jarang para pemangku memberi kita air yang udah direndem pake bunga sandat alias kenanga, kedengaran nya sepele ya guys, dicipratin air kenanga 3 kali diatas kepala, tapi hebatnya berasa adeeem gitu, beda kalo dicipratin pake air biasa, selain bau harum yang kita dapat  ada  sensasi menenangkan, nah dari situ saya kok jadi ingin tau kenapa air rendaman bunga sandat alias kenanga terasa menyegarkan dan menenangkan guys, saya gali informasi dari berbagai sumber ternyata nih guys, emang bener kandungan  didalam bunga kenanga mempunyai efek aroma theraphy, sehingga siapa saja yang menghirup aroma nya akan merasakan efek tenang dan damai. Tidak hanya itu guys bunga kenanga juga memiliki khasiat lain loh, dan banyak banget manfaat nya untuk kesehatan kita, mau tau apa aja khasiat nya??? Simak uraian dibawah ini.

  • Sebagai Aroma Therapy

Bunga kenanga mengandung minyak atsiri, sehingga menimbulkan efek rasa tenang, menghilangkan rasa panik dan marah hal ini disebabkan kandungan tersebut yang  membantu  pengaturan kelenjar adrenalin, yang terdapat dalam sistem syaraf .

  • Sebagai Obat Sakit Kuning Karena Hepatitis.

Kandungan yanga terdapat pada bunga kenanga ini guys, ternyata dapat menyembuhkan penyakit kuning yang disebabkan oleh hepatitis, hal ini diungkapkan oleh R. Broto Sudibyo,  Seorang Pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda, Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwa cukup dengan menyeduh dengan air panas  3 kuntum bunga kenanga, lalu tutup rapat gelasnya dan  minumlah saat air sudah dingin, dosisnya 3x sehari, hal ini dapat menyembuhkan penyakit kuning secara berangsur namun pasti. Hal ini  di amini juga  oleh Dr. Martha Tilaar, beliau juga mengatakan hal yang sama.

  • Mengobati Malaria

Penyakit malaria juga bissa diatasi dengan cara ini guys, yakni merebus kenanga yang sudah dikeringkan 3 sampai 5 kuntum, rebus dengan satu gelas ukuran sedang sampe mendidih, minum selagi hangat  2x sehari.

  • Mengobati Asma

Bagi kamu yang punya penyakit asma bisa mencoba ramuan ini untuk mengatasi sesak napas karena asma, caranya ambil 15 gr bunga kenanga lalu rebus dengan air satu gelas, sampe tersisa setengahnya, minum ramuan ini 2x sehari.

  • Mengobati Bronkitis

Radang pada saluran pernapasan atau yang disebut juga sebagai bronkitis ternyata juga bisa diatasi oleh bunga kenanga guys, caranya campurkan bunga kenanga 5 kuntum dengan 5 bunga lily lalu rebus dengan satu gelas air kira kira 200 cc, rebus sampe tersisa setengahnya, minum selagi hangat 2x sehari yaa guys.

 

Nah itu tadi beberapa manfaat penting dari  bunga kenanga guys, selain digunakan  sebagai obat, bunga kenanga bisa dijadikan  bahan untuk luluran dan penghilang bau badan, oh iya bisa juga sebagai pengharum ruangan guys, taruh beberapa bunga kenanga dalam mangkuk letakan pada kamar, so kamar kamu bakal wangi segar  alami dan yang pasti menghilangkan perasaan galau karena bunga ini mempunyai kelebihan  menimbulkan efek tenang bagi yang menghirup aromanya . Semoga bermanfaat yaa.  🙂

 

 

( Sumber: tribun )

 

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...