Home / Artikel Kesehatan / Cek Warna Kotoran Telinga Kamu, Normalkah? Atau Bermasalah?
Cek Warna Kotoran Telinga Kamu, Normal kah ? Atau Bermasalah?
Cek Warna Kotoran Telinga Kamu, Normal kah ? Atau Bermasalah?

Cek Warna Kotoran Telinga Kamu, Normalkah? Atau Bermasalah?

Kebanyakan dari kita kalo bersihin telinga rata rata menggunakan cutton bud, terus  kadang dapetnya kotoran nya basah kadang juga ada yang kering gitu ya guys, nah ngomongin soal kotoran telinga ternyata dari warna kototan telinga bisa mendeteksi keadaan didalam tubuh kita. Sama halnya dengan cairan lain misalkan urine ataupun feses. Kebanyakan dari kita merasa bahwa kotoran telinga adalah hal yang menjijikan yaa, akan tetapi sebenarnya guys kotoran telinga amat sangat membantu telinga kita agar bakteri dan benda asing lain dapat masuk kedalam telinga kita. Ada beberapa  jenis kotoran telinga pada manusia guys, ada yang kering seperti ketombe, ada yang basah seperti oli, ada juga yang keras. Nah dari beberapa jenis ini yuk kita cek warna kotoran telinga kita masuk kategori normal kah ? atau bermasalah ? Simak penjelasan berikut ini .

  • Berwarna Abu Abu

Wew… warna abu abu pada kotoran telinga? emang ada? Ada guys, bila si empunya tidak merasakan gatal pada telinganya ini masih dikatakan normal,  proses pembersihan  alami dalam telinga dapat menyebabkan warna menjadi abu abu, akan tetapi yang perlu diwaspadai guys bila disertai gata gatal, bisa dikatakan itu adalah tanda eksim.

  • Berwarna Kuning, Bau Dan Basah

Umumnya rata rata kotoran telinga bertekstur basah lengket berwarna kuning dan berbau apek, ini termasuk normal guys artinya basah dan lengket justru itu yang diperlukan oleh telinga agar dapat menyaring kotoran dari luar maupun bakteri masuk dalam gendang telinga.

  • Berwarna Kuning Pucat

Warna kotoran ini biasanya terdapat pada anak kecil guys, produksi kotoran telinga pada anak kecil emang lebih banyak dripada orang dewasa guys so hal ini  masih dikatakan normal dan sehat.

  • Berwarna Gelap Dan Berbau Tidak Sedap

Nah kalo ada yang punya kotoran telinga berwarna gelap lalu baunya tidak enak, ini artinya produksi keringat dalam tubuh lebih banyak. Hal ini masih dikatakan normal alias sehat, biasanya orang yang mempunyai tekstur dan bau pada kotoran telinga seperti ini, dia juga mempunyai masalah bau badan guys.

  • Berwarna Gelap Dan Tebal

Jenis kotoran ini menandakan adanya tingkat stres yang tingggi pada si empunya telinga, yang harus dilakukan yakni seringlah membersihkan telinga dan jauhkan stress dari pikiran, maka si kotoran telinga akan kembali normal.

  • Berwarna Putih, Kering, Terkelupas

Jenis kotoran ini masih normal guys, namun biasanya orang yang memiliki jenis kotoran semacam ini memiliki bau badan tak sedap melebihi mereka yang memiliki kotoran telinga berwarna gelap.

  • Basah Dan Berair

Jenis kotoran ini masih dikatakan normal guys, nah menjadi tidak normalnya bila sampe terus menerus mengeluarkan cairan seperti nanah ( congek an ) itu pertanda bahwa ada masalah pada gendang telinga ( bisa ada luka ataupun gendang telinga berlubang ). Kalo ini terjadi maka sebaiknya segeralah periksa ke dokter THT  yaa guys.

  • Kotoran Berdarah Atau Berwarna Darah

Bila kalian mendapati kotoran telinga berwarna merah ataupun semacam darah kering, dan ada nyeri pada telinga  itu menandakan gendang telinga sudah berlubang cukup parah, segera konsultasikan pada dokter ya guys.

 

Membersihkan telinga tidak perlu setiap hari guys, cukup dilakukan seminggu sekali dengan  rutin melihat warna kotoran telinga kita  sendiri tentunya itulah langkah antispasi agar tidak semakin serius, bilamana kotoran menjadi sudah  tidak normal lagi pada telinga kita.

 

Sumber: Tribunnews

Check Also

Ilmuwan Buktikan Kurma Ajwa Mengatasi Sihir dan Dengki

Terkait dengan Sihir ,para pakar telepati inggris menyampaikan hasil penelitian di sebuah majalah telepati , ...

...