Home / Artikel Kesehatan / Gula Pasir dan Madu Bantu Meredakan Lidah Terbakar Akibat Minuman Panas

Gula Pasir dan Madu Bantu Meredakan Lidah Terbakar Akibat Minuman Panas

“Duh, panas banget!”

Barangkali Anda pernah tergesa-gesa dan tanpa sengaja minum kopi atau teh yang terlalu panas. Tentu saja, hal ini membuat Anda langsung terjingkat dan lidah Anda pun mendadak mati rasa. Setelah itu, Anda tidak bisa merasakan apa-apa dengan lidah.

Anda panik dan tak tahu harus berbuat apa. Namun, jangan cemas. Ternyata gula dan madu bisa mengatasi lidah yang terbakar dengan cepat, lho!

Gula pasir mampu mengurangi rasa terbakar pada lidah. Begitu Anda merasa lidah Anda terbakar dan mati rasa, langsung ambil satu sendok gula lalu taburkan di atas lidah. Diamkan  beberapa saat hingga gula meleleh dengan sendirinya. Rasa terbakar akibat minuman panas perlahan-lahan akan berkurang dan akhirnya menghilang.

Selain gula pasir, Anda juga bisa mengatasi lidah yang mati rasa dengan madu. Efek yang dihasilkan madu lebih efektif daripada yang diberikan gula pasir karena sifatnya cenderung lebih menyembuhkan. Bagian terbaiknya, madu jauh lebih manis. Bahkan, menurut National Institutes of Health (NIH), madu digunakan di negara-negara seperti India untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena kandungan antibakteri di dalamnya.

Nah, untuk mencegah lidah terbakar terjadi kepada Anda lagi, lain kali ada baiknya Anda berhati-hati sebelum minum. Dan, jangan tergesa-gesa. Jangan ditiup pula minuman yang masih panas, lebih baik diamkan beberapa saat hingga minuman menghangat, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah saw.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...