Home / Berita / Heboh! Penemuan Baru Ternyata Darah Komodo Bisa Dijadikan Sebagai Antibiotik

Heboh! Penemuan Baru Ternyata Darah Komodo Bisa Dijadikan Sebagai Antibiotik

Setiap tahun, lebih dari 23.000 orang di Amerika Serikat meninggal duni karena infeksi yang resistan terhadap antibiotiks jenis apapun. Hal ini menjadi semacam alarm bagia dunia medis bahwa pengobatan antimikrobial baru harus mulai dikembangkan. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa darah komodo ternyata bisa mewujudkan cita-cita tersebut.

Saliva atau air liur komodo mengandung berbagai jenis bakteri yang berbeda, namun anehnya tidak mempengaruhi komodo itu sendiri sama sekali. Inilah yang membuat para ilmuwan meyakini ada rahasia di balik hal itu.

Para peneliti di George Mason University di Amerika Serikat menciptakan senyawa sintetis berdasarkan molekul dalam darah komodo yang memiliki aktivitas antimikroba. Mereka menemukan bahwa antibiotik tersebut bekerja cepat pada seekor tikus yang mengalami luka.

Penelitian diterbitkan di NPJ Biofilm dan Microbiomes menunjukkan bahwa protein ini berpotensi dikembangkan menjadi antibiotik di masa depan. Para ilmuwan percaya ini bisa menjadi langkah maju dalam upaya untuk menemukan antibiotik baru yang diperlukan untuk melawan patogen resisten.

Komodo yang ditemukan di lima pulau di Indonesia memiliki lebih dari 80 jenis bakteri di mulut mereka. Meskipun demikian, reptil ini tidak dirugikan sama sekali oleh bakteri-bakteri tersebut, yang mana menunjukkan bahwa mereka kebal.

Dipimpin oleh Monique van Hoek, tim di Virginia menemukan Drgn-1 bekerja dengan baik pada luka yang terinfeksi pada tikus terhadap dua macam bakteri, yang “super” yaitu Pseudomonas aeruginosa dan Staphlyococcus aureus, yang juga dikenal sebagai MRSA.

Kedua bakteri tersebut sangat keras kepala dan sulit untuk diobati karena mereka berkoloni (atau biofilm) sehingga jauh lebih tahan terhadap antibiotik daripada bakteri tunggal.

Meskipun hanya diuji pada tikus dan hanya pada dua strain bakteri, ilmuwan percaya bahwa DRGN-1 (begitu mereka menyebutnya) adalah calon yang baik untuk studi tambahan dan pengembangan pengobatan antimikrobial untuk luka yang terinfeksi.

 

sumber:bbc.com

Check Also

Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?

Wow.. Menstrual Cup Ini Adalah Terobosan Pengganti Pembalut/ Tampon Wanita Yang Sedang Haid, Amankah?

Kalo diingat-ingat nih para ladies, jaman nya nenek kita dulu yaa pas waktu mengalami  haid, ...

...