Home / Artikel Kesehatan / Ih, Masih Muda Kok Sudah Ada Uban? Apa Sebabnya, Ya?

Ih, Masih Muda Kok Sudah Ada Uban? Apa Sebabnya, Ya?

Pertumbuhan rambut adalah ketika sel yang sudah tua didorong oleh folikel rambut karena adanya produksi sel-sel baru. Rambut tumbuh melewati 3 tahap berikut: pertumbuhan (anagen), penghentian (catagen), dan istirahat (telogen). Selama tahap istirahat atau telogen, rambut Anda mencapai batas umurnya dan rontok, lalu helaian rambut baru akan tumbuh pada tempat yang sama. Ketika rambut Anda tumbuh, ia akan menerima pigmen yang berperan sebagai pemberi warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, jumlah pigmen yang diterima setiap helai rambut itu akan berkurang, hingga muncullah rambut berwarna abu-abu atau bahkan putih yang disebut sebagai uban.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut kehilangan pigmennya. Menurut kepercayaan tua, uban muncul karena faktor stres. Namun nyatanya tidak benar sepenuhnya demikian. Berikut adalah berbagai penyebab tumbuhnya uban di usia dini:

1. Genetika

Ini adalah faktor dominan yang menentukan pada usia berapa rambut Anda kehilangan pigmen. Bagi sebagian orang, hal ini bisa terjadi bahkan sebelum mereka beranjak usia 20 tahun. Bagi yang lain, helaian rambut putih atau uban bisa muncul secara terlambat.


2. Kekurangan Melanin

Dalam sebagian besar kasus, kekurangan melanin adalah penyebab utama di balik munculnya uban. Produksi melanin bergantung pada zat gizi dan protein yang Anda konsumsi. Kekurangan zat gizi menyebabkan melanin ini berkurang, sehingga mengundang munculnya rambut putih.


3. Hormon

Hormon Anda rupanya memiliki dampak besar pada pigmentasi rambut Anda. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan rambut Anda memutih.


4. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu dapat memicu hilangnya pigmen pada rambut Anda. Salah satu kondisi tersebut misalnya kekurangan vitamin B12 atau adanya masalah dengan tiroid dan kelenjar hipofisis.


5. Stres

Stres yang disebabkan oleh jadwal padat merupakan penyebab utama dari peristiwa beruban prematur. Bersamaan dengan hal ini, asupan alkohol yang berlebihan dan junk food.

6. Produk Kimia untuk Rambut

Kadang-kadang, penggunaan shampoo yang mengandung kimia, sabun, pewarna rambut, dll dapat langsung menyebabkan masalah terjadinya uban di usia dini. Namun, bisa saja uban muncul sebagai reaksi  alergi juga.


7. Faktor-faktor ekstrinsik

Perubahan warna rambut Anda dapat terjadi karena faktor-faktor eksternal pula seperti iklim, polusi, dan paparan bahan kimia tertentu. Faktor-faktor ini mempercepat proses penuaan rambut.

Selain ketujuh faktor di atas, baru-baru ini telah ada terobosan terbaru mengenai penyebab hilangnya pigmen pada rambut. Ditemukan bahwa folikel rambut melepaskan sejumlah kecil hidrogen peroksida, yang mendapatkan akumulasi dari waktu ke waktu. Ini alasan mengapa rambut bisa berubah warna abu-abu, dan akhirnya putih. Dengan menghapus akumulasi ini, adalah mungkin untuk rambut Anda untuk mendapatkan kembali warna alami.

Jadi, itulah ketujuh alasan mengapa di usia muda Anda bisa mendapatkan uban.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...