Home / Artikel Kesehatan / Ingin Tidur Berkualitas? Hindari 4 Macam Makanan Berikut Ini Sebelum Tidur!

Ingin Tidur Berkualitas? Hindari 4 Macam Makanan Berikut Ini Sebelum Tidur!

Sering kali sebelum Anda beranjak tidur, perut Anda mendadak keroncongan minta diisi. Di saat seperti itu, ternyata Anda tidak boleh sembarangan memilih makanan untuk mengisi perut.

Makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi sebelum tidur? Ikuti pembahasannya di sini.

1. Kafein

Kita semua tahu bahwa kafein adalah stimulan yang memiliki efek membuat Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, masuk akal jika Anda disarankan untuk menghindari hal ini sebelum tidur. Bagi sebagian orang, minum kopi beberapa jam sebelum tidur mungkin tidak mempengaruhi kualitas tidur mereka. Namun bagi kebanyakan orang, minum kopi sebelum tidur jelas membuat tidur mereka tidak nyenyak, sehingga keesokan harinya mereka tidak merasa bersemangat.

2. Alkohol

Beberapa orang menyatakan bahwa segelas anggur sebelum tidur adalah cara sempurna untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tapi mau bagaimanapun juga, penelitian telah mebuktikan bahwa efek awal alkohol memang bisa membuat Anda cepat dan mudah terlelap. Namun, efek yang lebih buruk bisa saja terjadi beberapa saat setelah Anda tertidur. Alkohol memungkinkan Anda susah tidur nyenyak dan menimbulkan halusinasi. Anda memang tidur setelah mengonsumsi alkohol, namun tidak tubuh Anda tidak merasakan istirahat. Alkohol juga tidak memiliki kalori yang memberikan nilai gizi untuk Anda, sehingga tentu saja ia tidak akan membuat perut Anda terisi.

3. Makanan Berat

Sekali lagi ini adalah hal yang pribadi, tetapi banyak orang merasa bahwa makan makanan berat terlalu dekat sebelum waktu tidur dapat mengganggu istirahat mereka. Makanan yang tinggi lemak juga harus dihindari karena ini cenderung untuk meningkatkan refluks asam. Selain itu, makanan berat dan tinggi lemak sangat sulit dan lambat untuk dicerna. Sehingga kemungkinan besar perut Anda akan kembung bila makan makanan berat sebelum tidur.
 .
4. Snacks atau Makanan Ringan Dalam Kemasan
 .
Snacks dalam kemasan umumnya tinggi gula, lemak dan garam. Semuanya tidak baik dikonsumsi sebelum tidur malam. Tak hanya itu, makanan ringan/snacks juga mengandung kalori tinggi, namun hanya menyediakan sedikit atau tidak sama sekali nilai gizi. Ini berarti snacks dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan tanpa memberikan kontribusi apapun untuk kesehatan Anda. Makanan ringan seperti keripik kentang, cokelat, dan biskuit juga sangat adiktif. Seringkali sulit rasanya untuk menghentikan kebiasaan ngemil makanan-makanan tersebut bagi banyak orang.
.
Bila Anda menghindari 4 macam makanan tersebut sebelum tidur malam, bisa dipastikan tidur Anda akan semakin berkualitas dan bisa menjalani hari dengan semangat baru besoknya.
 .
Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...