Home / Artikel Kesehatan / Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Orang Tau
Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Orang Tau
Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Orang Tau

Ini Dia Manfaat Cabe Hijau Yang Jarang Orang Tau

Masakan indonesia rata rata menggunakan cabe sebagai bahan dasar masakannya, entah itu cabe merah, cabe rawit ataupun cabe hijau , semuanya diramu dan diolah sedemikian rupa menghasilkan cita rasa yang khas dan yang pasti jadi lebih sedap. Cabe merah biasanya buat nambahin warna masakan supaya merah and rasanya  sedikit pedas.  Sedangkan cabe rawit biasanya buat sambel atau pelengkap masakan biar makin pedas, karena diantara keluarga cabe , si rawit lah yang paling kejem pedasnya. Naah kalo  cabe hijau ? Cabe hijau kalo dimasak atau cuma sekedar di iris lalu ditambahin  pada masakan , hanya berfungsi menambah  aroma penguat bau pedas,  tapi rasanya sendiri  gak terlalu pedas , jumlah bijinya lebih banyak dari cabe merah, and biasanya jarang orang memakai cabe hijau sebagai bahan utama masakan kecuali dibuat bahan dasar sambal  agar berwarna  hijau, atau campuran tumisan agar  mempercantik tampilan.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cabe hijau guys, selain mempunyai rasa pedas yang biasa aja, tapi kandungan khasiat dari cabe hijau gak ikutan biasa aja guys,  karena menurut beberapa penelitian membuktikan kandungan yang ada didalam cabe hijau  terdapat khasiat manjur untuk mencegah dan mengobati masalah kesehatan loh. Masih penasaran guys ?  Yuk ah langsung aja simak uraian dibawah ini.

 

  • Mencegah Resiko Kanker/Diabetes

Si cabe hijau memiliki kandungan  senyawa capsaicin dan juga banyak  mengandung vitamin A, K, C, vit B1,B2, dan juga ada kandungan protein,  kalsium , fosfor , zat besi, dimana kandungan tesebut  ada yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh,  dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  sehingga mencegah resiko beberapa penyakit seperti kanker dan  diabetes (penyakit gula).

  • Penurun Gula Darah

Vitamin A, K dan C yang tinggi pada cabe hijau inilah yang bekerja menurun kan kadar gula guys.

 

  • Memperbaiki Mood Dan Menambah Nafsu Makan

Kalau lagi sebel ataupun bete coba deh konsumsi cabe hijau , kenapa?  Karena dengan mengkonsumsi cabe hijau terbukti membantu pelepasan hormon endorfin dari otak, tau sendiri yaa hormon endorfin membuat seseorang merasa senang, otomatis bad mood akan membaik . Satu lagi nih guys kandungan dalam cabe hijau juga dapat menambah nafsu makan seseorang. Intinya kalo lagi bad mood and males makan , langsung aja deh tu ambil cabe hijau , sambelin aja guys 😀

 

  • Penghilang rasa sakit

Sama seperti diatas  ya guys, cabe hijau membantu otak melepaskan hormon endorfin , yang tidak hanya membuat perasaan senang , akan tetapi dapat pula  mengurangi rasa sakit guys, khususnya untuk penderita diabetes, herpes, kejang otot, dan juga reumatik. Kalo rajin mengkonsumsi cabe hijau maka rasa sakit pun akan hilang.

 

  • Sebagai Penyembuh Luka

Luka disini maksudnya luka beneran yaa guys,  kalo luka hati  kan  udah terbukti  juga kan guys, seperti penjelasan sebelumnya.  Selain  memperbaiki suasana hati cabe hijau bisa juga  sebagai anti biotik alami yang akan membantu mempercepat proses pengiriman darah segar ke daerah yang luka atau terkena infeksi sehingga luka akan lebih cepat kering.

 

  • Menyehatkan Paru Paru

Kandungan didalam cabe hijau juga terbukti melebarkan saluran udara sehingga nafas akan lebih lega, terutama kalo lagi kena flu , cabe hijau sangat membantu melegakan pernapasan. Selain itu kandungan dalam cabe hijau dapat membersihkan paru paru dari berbagai masalah yang berhubungan dengan paru paru.

 

  • Menyehatkan Kulit /Membantu Pembentukan Kolagen

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada cabe hijau membuat kulit terhindar dari penyakit kudis , mencegah proses penuaan dini ,keriput dan juga mengatasi  jerawat yang timbul diwajah. Selain itu  cabe hijau membantu pembentukan kolagen dalam tubuh yang mana si kolagen ini tidak bisa diproduksi sendiri didalam tubuh , harus dibantu dengan asupan makanan , nah si cabe hijau inilah salah satu makanan yang dapat membantu terjadinya produksinya kolagen dalam tubuh kita guys, kolagen sendiri berfungsi menjaga kesehatan pembuluh darah, organ tubuh, kulit dan juga tulang. dan menurut penelitian yang telah dilakukan, setiap 100 g cabe hijau, kandungan RDAnya mencapai 240%, jumlah yang lumayan  tinggi guys,  sehingga  baik untuk membantu tubuh dalam membentuk protein yang satu ini.

 

  • Melancarkan  Pencernaan

Dengan rajin mengkonsumsi cabe hijau akan dapat membantu proses detoxicant secara alami guys, apaan tuh detoxicant? Yaitu proses pembersihan tubuh dari berbagai macam toksin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi atau juga dari polusi. Jadi pencernaan kita bisa  tetap sehat dan terhindar dari resiko kanker usus.

 

Nah bagi penggemar cabe tentunya ini bakalan jadi alasan dasar bahwa mengkonsumsi cabe ,terutama cabe hijau itu tidak berdosa bagi lambung , tapi justru menyehatkan, gak harus dijadikan sambel kali yaa , bisa juga dibuat campuran tumisan atau di cemplungin utuh ke dalam sayur terong atau sayur yang lain, apapun masakan nya jangan lupa pake cabe hijau ya guys,  tapi jangan berlebihan juga,  mengkonsumsi cabe hijau selagi masih dalam batas yang wajar pastinya menyehatkan dan gak bikin mules guys.

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...