Home / Artikel Kesehatan / Inilah 4 Bahaya Kerokan Yang Harus Diwaspadai
Inilah 4 Bahaya Kerokan Yang Harus Diwaspadai
Inilah 4 Bahaya Kerokan Yang Harus Diwaspadai

Inilah 4 Bahaya Kerokan Yang Harus Diwaspadai

Kalau masuk angin biasanya kita mencari  solusi paling sederhana untuk dilakukan yaitu kerokan , apa itu kerokan?? Yaitu teknik pengobatan  dengan cara menggosok bagian tubuh dengan mata uang, giok atau bahan tumpul tipis seperti kepingan , digosokan pada area  punggung , dada , perut samping , leher belakang dan juga lengan. Biasanya untuk mempermudah teknik penggosokan tersebut , ditambahkan  minyak sereh, atau minyak angin, minyak telon, minyak zaitun, ataupun balsam dengan tujuan biar gak sakit and biar terasa hangat guys, kebayang gak kalo kulit digosok dengan mata uang tanpa dikasih minyak atau balsem , bukannya sembuh, yang ada malah lecet semua tuh kulit ya kan??  😀

Nah membahas masalah kerokan ini , sebenernya cukup menarik guys, karena teknik pengobatan ini sudah ada mulai jaman nenek moyang kita, kalo gak salah kata ibu saya, kerokan dilakukan  dengan tujuan mengeluarkan angin yang sembunyi didalam tubuh kita guys , dan dipercaya kalo yang di kerokin udah buang angin ataupun bersendawa , berarti anginnya sudah keluar , otomatis gak sakit lagi badan nya , terus badan nya bisa  enteng dan seger. Tapi ada pertanyaan menarik nih guys , bener gak sih kerokan itu bisa mengeluarkan angin dalam tubuh ? Berhubung saya suka banget di kerokin akhirnya saya mencoba mencari tau dari berbagai sumber  tentang manfaat kerokan  dan bahaya nya kerokan buat tubuh kita guys , yuk ah langsung aja simak uraian berikut ini.

  • Setelah saya membaca banyak penelitian guys, kerokan tidak bisa mengusir masuk angin guys, karena yang kita anggap sebagai masuk angin itu sendiri bukan lah masuk angin  tapi pembuluh darah di kulit kita yang menyempit sehingga otot kita  kehilangan oksigen, makanya berasa pegel pegel gitu ya, gak enak banget dibadan. Nah lo dari sini aja kita udah salah paham masalah masuk angin yang dimaksud, yuk lanjut
  • Kerokan adalah metode dalam rumus  fisika , dimana menggosokan benda pada kulit secara terus menerus yang akhirnya menimbulkan energi  panas guys, sama juga dengan menggosokan kedua telapak tangan kita saat musim dingin , yang kita dapati adalah rasa hangat pada tangan,dan itu berlaku sama  pada kerokan .
  • Kalo sewaktu kita dikerokin semakin merah dan gosong menunjukan bahwa kita memang benar benar dalam kondisi sakit masuk angin , ternyata itu tidak benar guys, merah atau gosong tidak mengindikasikan hal tersebut , melainkan warna merah dan gosong adalah tanda bahwa pembuluh darah pecah karena gesekan koin yang berulang-ulang. waduh salah paham lagi kita yaa. ok next
  • Nah ini dia , kenapa setelah  dikerokin kok hilang pegel nya hayoo?? ternyata kerokan yang dilakukan pada kulit , menyebabkan pembuluh darah mengeluarkan hormon beta endorfin ,  semacam morfin yang dikeluarkan oleh tubuh, makanya gak heran guys setelah kerokan badan jadi seger, pegel pegel pada hilang , ya karena hormon tadi .
  • Menurut penelitian kerokan boleh saja dilakukan , karena dalam proses kerokan ternyata ada nilai positifnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh guys, kok bisa ?  Ya karena dari gosokan tadi membuat pembuluh darah melebar , sehingga banyak rongga untuk pergerakan sel darah putih  bergerak , yang  kita tau bahwa  fungsi sel darah putih untuk sistem kekebalan tubuh kita ya guys.

Nah uraian diatas sedikit memberi pecerahan tentang fakta kerokan, lalu gimana nih efek samping kerokan?? Berikut ini 4 efek samping dari kerokan.

  1. Kerokan membuat pori-pori kulit melebar, sehingga secara gak langsung membuat permukan kulit ikutan melebar dan terbuka guys, nah kalo sudah begitu bakteri dan virus akan gampang banget masuk ke dalam tubuh, bahkan bisa juga masuk pada peredaran darah lo , kalo kerokan sering dilakukan terus menerus dikhawatirkan akan membuat kelancaran aliran darah jadi terganggu, so jangan terlalu sering kerokan ya guys , kalo gak kepepet banget 😀
  2. Kerokan menimbulkan ketagihan , ini nih yang bahaya , udah berasa ke enakan  badannya di kerokin, eh besok nya perut kembung minta dikerok in, sakit kepala minta dikerokin , ada juga yang malah minta dikerokin tiap hari 😀  jangan ya guys, sesuatu yang berlebihan itu akibatnya pasti  gak akan  baik ,ok.
  3. Kerokan mengakibatkan stroke, waduh ngeri juga ya guys , kok bisa nih bikin stroke ?? Kalo keseringan kerokan , membuat pembuluh darah melebar , artinya disini  yang tadinya aliran darah dari kecil  dipaksa melebar , dan bila itu dilakukan terus menerus akan  menjadi pemicu terjadinya stroke. Nah kan dibilang juga apa , jangan keseringan ya guys, inget-inget nih bikin stroke ternyata  :p
  4. Kerokan yang dilakukan pada saat hamil bisa menyebabkan kontraksi dini , kok bisa ya??  Ya karena pada saat kerokan ada satu zat bernama Cytokines yang  melepaskan Prostaglandin dan zat inilah yang menyebabkan kontraksi dini pada rahim,  Zat Cytokines tersebut muncul karena efek dari inflamasi setelah melakukan kerokan  , nah khusus bagi yang  lagi hamil tidak diperbolehkan untuk kerokan dulu yaa.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa kerokan boleh aja , asal gak terus-terusan. So bijaklah menerapkan teknik pengobatan tersebut, agar tetap sehat,  aman dan gak nambahin masalah kesehatan untuk  diri sendiri dan juga orang lain.

Check Also

Berendam Air Daun Sirih, Wasir Lenyap Dalam Hitungan Hari!

Informasi mengenai Khasiat daun Sirih sudah banyak bisa didapat didunia maya,  mulai dari dipakai sebagai ...

...