Home / Artikel Kesehatan / Inilah Alasan Kenapa Saat Marah Sebaiknya Memilih Untuk Diam
Inilah Alasan Kenapa Saat Marah Sebaiknya Memilih Untuk Diam
Inilah Alasan Kenapa Saat Marah Sebaiknya Memilih Untuk Diam

Inilah Alasan Kenapa Saat Marah Sebaiknya Memilih Untuk Diam

Keadaan yang sangat tidak menyenangkan yang terjadi pada diri kita sering kali membuat kita menjadi  kesel, jengkel, geram  semua istilah diatas bisa dikategorikan dalam satu kata yaitu marah,  sebenarnya guys marah itu adalah sikap yang normal dan sangat manusiawi, tinggal bagaimana cara kita mengontrol emosi agar tidak meluap luap sehingga pada akhirnya merugikan diri kita sendiri. Salah saatu contoh yang harus kita hindari yakni bila kita sedang dalam keadaan marah maka yang harus kita lakukan adalah menghindari perdebatan dengan siapapun alias diam. Kenapa kita harus menghindari perdebatan dengan orang lain saat kita marah? Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Christine M. Allen, Ph.D, seorang psikolog sekaligus pelatih dari Syracuse, New York, mengatakan dengan kita melayani berdebat dengan orang lain maka sikap terburuk kita dapat keluar seperti menegeluarkan kata kata kasar bahkan tidak menutup kemungkinan kita melakukan tindakan fisik yang kasar pula dan pada akhirnya  akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain ujung ujungnya depresi  menyesali perbuatan tersebut. Bila perasaan marah sedang terjadi maka sebaiknya ambil waktu sekitar 10 menit untuk menarik napas dan menenangkan tubuh dan pikiran , barulah kalian bisa berbicara dengan keadaan yang lebih baik.

Jadi sebenarnya makna dari diam itu sendiri bagaimana yaa? manurut penelitian diatas pula mengatakan

  • Diam itu mengontrol emosi , dengan diam dan tidak berbicara sepatah kata pun artinya menyelaraskan antara pikiran positif dan melawan luapan emosi yang dihasilkan oleh perasaan ( energi negatif ) , caranya cukup alihkan pikiran dengan hal yang mengajak otak untuk konsentrasi pada hal yang membutuhkan logika contoh menghitung angka mulai 1 sampai 10 , atau menghitung perkalian angka, alihkan terus pikiran positif untuk bekerja pada angka angka, sehingga tidak menuruti perasaan yang sedang bergejolak hal ini cukup ampuh guys bila kamu mencobanya pada saat marah.
  • Dengan memilih diam bukan berarti kamu kalah guys, ingat ya guys dalam sebuah pertengkaran jangan pernah berpikir kalah menang, benar dan salah, kenapa? yang cukup kamu sadari adalah ketika terjadi hal yang tidak menyenangkan itu terjadi bukan karena si A, si B atau bahkan kamu sendiri, yang wajib disadari adalah semua manusia mempunyai kekurangan dan tidak luput dari yang namanya salah, didalam salah si A, tetap ada sebuah benar pada si A, dan pada salahmu , tetap ada prinsip benar yang kamu pegang. Jadi cobalah berpikir positif agar tidak saling menyalahkan, dengan  cara diam, kamu bisa menelaah dimana letak ketidak cocok an itu timbul lalu bisa kamu bicarakan baik baik tanpa harus adu mulut yang akhirnya tidak membawa pada solusi justru memperkeruh keadaan.
  • Dengan diam justru akan membuat orang akan semakin respect terhadapmu, apapun yang dilontarkan jika kamu dapat mengontrol emosi dengan baik itu menunjukkan kematangan berpikirmu diatas rata rata alias mampu mengalahkan emosi yang ada dalam diri dan tidak semua orang bisa melakukan hal ini, satu lagi guys dengan kamu diam bisa diartikan misterius, semakin lawan bicaramu banyak mengeluarkan kata yang memancing kemarahan tapi kamu tetap diam, pada titik klimaksnya lawan bicara kamu akan diam dengan sendirinya, dan kalo kamu bertahan pada diam tersebut, misalkan untuk memberi dia pelajaran dari diam, maka yang bisa dikatakan oleh lawan bicara kamu adalah : Kelar idup gue 😀

Nah itu tadi penjelasan tentang manfaat diam  pada saat marah, kalo kita bisa menaklukan emosi dari dalam diri kita sendiri, sesungguh nya kita adalah pemenang untuk diri kita sendiri, dan menutup akses jalan setan agar tidak menjadikan kita budak nafsu angkara murka , yang akhirnya bikin gelap mata dan sudah tidak menggunakan akal sehat lagi, dan jangan lupa ya guys pada saat marah bagi kamu yang muslim hendaknya membaca ini ya guys ,  karena dengan  pertolongan ALLAH SWT  maka kita bisa mengatasi kemarahan yang ada pada diri kita  🙂

 

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنَ الشَّيْطَانِ

 

 Artinya :
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kejahatan syetan.

 

 

 

Sumber : intisari-online.com

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...