Home / Artikel Kesehatan / Inilah Alasan Mengapa Para Ibu Sebaiknya Memasang Kontrasepsi
Inilah Alasan Mengapa Para Ibu Sebaiknya Memasang Kontrasepsi
Inilah Alasan Mengapa Para Ibu Sebaiknya Memasang Kontrasepsi

Inilah Alasan Mengapa Para Ibu Sebaiknya Memasang Kontrasepsi

Setiap orang yang sudah  berumahtangga akan semakin lengkap kebahagiaannya apabila memiliki anak, dalam hal ini tentunya para ayah dan ibu juga merencanakan dengan matang bagaimana persiapan untuk masa depan sang anak, bahkan berencana memberi  jarak antara kehadiran anak pertama dan anak yang kedua. Untuk mengatur jarak tersebut agar tidak terjadi hamil lagi sedangkan anak pertama masih bayi, maka para dokter biasanya menganjurkan untuk menggunakan kontrasepsi, meskipun hal ini masih diperdebat kan dalam urusan keagamaan  artinya ada yang memegang pedoman hidupnya sesuai dengan aturan agama tentunya tidak boleh menggunakan kontrasepsi dan  kita tidak bisa memaksakan hal ini bagi mereka yang memegang teguh keyakinannya berpedoman untuk tidak menggunakan kontrasepsi tersebut, nah disisi lain  bagi yang  memilih perencanaan sesuai prinsip dasar kesehatan,  sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan kontrasepsi karena dengan kontrasepsi minimal ada pencegahan untuk terjadi nya pembuahan, hal ini tentu saja ada manfaat yang bisa diambil misalkan mencegah hamil di umur tua sehingga membahayakan sang ibu dan janin.

Adalagi manfaat lain dari  kontrasepsi yakni sebagai pencegah kehamilan pada pernikahan di usia muda, memberikan jarak antara kelahiran masing masing anak, sehingga  pemberian asi, kasih sayang dan perhatian pada setiap anak dapat terpenuhi. Bahkan menurut Guru Besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Biran Affandi, SpOG(K), FAMM  mengatakan ada 2 fase pada wanita yang pada fase tersebut sebaiknya menunda kehamilan. Fase pertama yaitu  bila umurnya masih dibawah 20 tahun, bila dibiarkan akan membahayakan calon ibu dan anak, hal ini dikarenakan alat reproduksi belum matang, dan sel telur belum sempurna, sehingga memiliki resiko tinggi untuk bayi akan lahir dalam kondisi prematur, maka itu dianjurkan menggunakan kontrasepsi.

Fase kedua yaitu wanita yang umurnya diatas 35 tahun  sebaiknya berhenti untuk hamil lagi, kenapa?? Karena pada umur segitu memiliki resiko lebih  tinggi untuk mengalami pendarahan, keguguran dan dapat memicu timbulnya tumor, hal ini dikarenakan wanita diatas 35 th cenderung memiliki kondisi medis tertentu seperti fibroid uterine yaitu pertumbuhan otot atau jaringan lain yang berada di uterus.

Sedangkan fase yang ideal untuk hamil adalah wanita yang berumur 21-30 tahun, dalam fase ini organ reproduksi wanita sudah cukup matang untuk dibuahi selain itu sel telur pun sudah terbentuk sempurna, namun menurut dr Biran juga mengatakan kehamilan pun harus di program dengan baik, kembali lagi dengan menggunakan kontrasepsi akan sangat membantu perencanaan tersebut dapat terwujud.

Dari kesimpulan diatas, ternyata menggunakan kontrasepsi justru memberi  banyak manfaat bagi para wanita, jadi  bagi  para calon ibu yang baru menikah, tapi masih belum menyelsaikan kuliah atau banyak pertimbangan untuk menunda dahulu memiliki anak, tentunya pilihan yang paling simple dan aman adalah menggunakan kontrasepsi, tentunya di awali dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan yaa.

Satu hal yang terpenting adalah  mengingat bahwasanya hadirnya seorang anak itu adalah titipan yang ALLAH SWT berikan pada manusia, meskipun memakai kontrasepsi serapat apapun bila sudah kehendak-Nya maka hamil tetap akan bisa terjadi, so alat kontrasepsi hanyalah  jalan ikhtiar seseorang untuk merencanakan masa depan nya agar lebih tertata,  yang harus tetap diyakini adalah  kita boleh  saja berencana untuk harapan dimasa depan tapi jangan lupa  ALLAH SWT   juga lah  yang menentukan segalanya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...