Home / Artikel Kesehatan / Inilah Alasan Untuk Berhenti Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga

Inilah Alasan Untuk Berhenti Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga

Ketika telinga Anda mulai terasa gatal dan tak nyaman, Anda akan segera mencari keberadaan cotton bud untuk membersihkannya. Namun, ternyata hal ini ialah hal yang salah. Mengapa?

1. Kotoran Telinga Berguna, Lho
Kotoran telinga memiliki beberapa kegunaan, bukan cuma sekadar kotoran yang menjijikkan. Ia berperan sebagai anti-bakteri untuk mencegah infeksi, mencegah serangga masuk ke dalam telinga, dan melumasi saluran telinga.

2. Cotton Buds Malah Mendorong Kotoran Lebih Dalam
Membersihkan telinga dengan cotton bud bukanlah hal yang efektif, cotton bud malah akan membuat kotoran kembali masuk ke telinga Anda. Alhasil, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar terjebak kembali di dalam telinga.

3. Tidak Hati-hati, Gendang Telinga Bisa Rusak
Menggunakan cotton bud juga berisiko merusak gendang telinga. Kebiasaan ini akan mempengaruhi gendang telinga Anda lantara gendang telinga sangatlah tipis dan rentan. Kalu tidak berhati-hati, akibatnya bisa fatal: gendang telinga pecah.

4. Kotoran Telinga Bisa Bersih Sendiri, Kok
Telinga sudah diciptakan sedemikian rupa untuk bisa menghilangkan kotoran di dalamnya secara mandiri. Gerakan normal rahang Anda saat sedang bicara, makan, atau menguap akan mendorong kotoran telinga keluar. Yang diperlukan hanyalah membersihkan telinga sewajarnya tanpa perlu memasukkan benda-benda asing ke dalamnya, misal dengan cara membersihkan mulut liang telinga dengan kain.

Sebaiknya, bersihkan telinga dengan sewajarnya. Baik telinga terlalu kotor ataupun telinga terlalu bersih, keduanya sama-sama tidak baik untuk kesehatan Anda.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...