Home / Artikel Kesehatan / Inilah Cara Alami Agar Diare Cepat Mampet
Inilah Cara Alami Agar Diare Cepat Mampet
Inilah Cara Alami Agar Diare Cepat Mampet

Inilah Cara Alami Agar Diare Cepat Mampet

Semua orang pasti pernah mengalami diare , mulai bayi  sampe orang dewasa, biasanya diare terjadi gara gara salah makan  misalnya makan sambel kebanyakan , minum pil pelangsing  kebanyakan , terus makan makanan yang banyak minyak atau bersantan kebanyakan , nah beberapa dari kebanyakan tersebut yang bikin usus jadi kaget sehingga menyebabkan diare, nah dari diare tadi kadang juga disertai perut mules dan perasaan  mual ingin muntah.

Pada umumnya sih diare disebabkan oleh  virus dan bakteri guys, pola hidup seseorang menentukan juga nih cepet atau lamanya seseorang sembuh dari diare.  Kalo orang itu terbiasa hidup dalam pola yang sehat trus berada di lingkungan yang bersih maka dia  lebih cepet sembuh  ketimbang orang yang pola hidupnya gak sehat, tinggal di lingkungan kumuh , banyak kotoran dimana mana , kurang makan makanan bergizi, dan juga jarang minum air putih, nah biasanya yang seperti itu sembuh nya agak lama guys,  dan bisa mengalami resiko  kekurangan cairan  yang berdampak pada  kematian.

Diare apabila dibiarkan akan  menjadi permasalahan yang lebih serius guys , bukan tidak mungkin penyakit diare bisa meningkat menjadi  penyakit disentri, kolera dan botulisme  bahkan yang lebih parah lagi nih , bisa menyebabkan sindrom kronis. So kalo lagi terserang diare jangan terlalu lama dibiarin yaa guys, lakukan langkah pengobatan sedini mungkin agar diare gak makin parah.

Kalo lagi diare biasanya kita langsung beli obat diare ke warung, atau ke apotek ,  kalo pun gak sempet keluar rumah  untuk membeli obat ,  tenang aja guys , ada alternatif lain yang bisa kita jadi kan pilihan untuk  mengobati diare biar cepet mampet,  kita bisa memanfaatkan bumbu dapur dan tanaman yang ada dirumah untuk dijadikan ramuan anti diare, mau tau apa saja bahan-bahan nya?  Yuk simak uraian dibawah ini.

 

  • Kunyit Dan Madu

Siapkan 1 buah ibu kunyit satu biji jempol orang dewasa, bersihkan lalu parut tambahkan air matang 3 sendok makan , lalu peras. Tambakan ,madu 2 sendok makan lalu minum. Dosis ini harus di ulang , artinya setelah minum kunyit tapi masih diare , maka ulangi resep diatas sampe diare berhenti total. Kandungan yang ada dalam kunyit terbukti dapat menenangkan perut, menyeimbangkan sistem pencernaan, dan menambah flora sehat di usus. Dan kunyt ini adalah resep favorit keluarga saya ketika sedang dilanda diare guys, and terbukti ces pleng  banget untuk membuat diare mampet.

 

  • Daun Jambu Biji

Selain kunyit , daun jambu biji  juga terbukti menghentikan diare dengan cepat, caranya ambil pucuk daun jambu biji yang masih muda 5 lembar, cuci bersih lalu kunyah kunyah dalam mulut , hisap air hasil kunyahan , ulangi lagi bila diare masih terjadi , sampe diare berhenti total . Kandungan didalam daun jambu yang bernama zat flovanoid didalamnya ada senyawa quercetin glycoside , nah zat inilah  yang berfungsi menghambat atau mengurangi pembuangan air besar. Jadi kalo lagi  diare langsung aja deh petik daun jambu biji ya guys, diajamin langsung mampet.

 

  • Minum Teh Pahit

Minum teh pahit  juga bisa menghentikan diare dengan cepat , caranya ambil 1 bungkus kecil , teh tubruk lalu siram air panas biarkan sebentar sampe menjadi ibu teh , lalu tuang ke gelas sekitar seperempat gelas lalu minumkan , gak boleh pake gula and ditambahin air hangat  ya guys , ntar jadinya bukan obat , eh malah jadi teh manis dong , hehe. Seperempat gelas tadi lalu minumkan , rasanya agak pahit and sepet. Nah kandungan dalam teh pahit tadi mencegah tinja menjadi cair guys, and dapat membuat diare langsung mampet.

 

  • Cuka Apel

Kalo punya persediaan cuka apel dirumah , bisa juga untuk menghentikan diare, caranya ambil air putih setengah gelas, lalu tambahkan 2 sendok makan cuka apel , aduk lalu minum kan , lakukan sampe diare berhenti total .Didalam cuka apel terdapat  bakteri yang bersifat antibiotik, dan satu lagi didalam cuka apel terdapat pektin yang bisa mengatasi kejang usus. so kalo lagi diare cuka apel bisa juga dijadikan pilihan obat manjur supaya diare kamu cepet mampet.

Itu tadi beberapa cara mengatasi diare  agar cepet mampet guys, dan selain aman dan sehat untuk tubuh kamu, bahan- bahan diatas tidak hanya menyembuh kan diare , tapi masih banyak khasiat lain untuk segala macam masalah kesehatan. So mulai sekarang kalo kamu atau anggota keluarga ada yang diare, jangan ragu untuk menggunakan bahan alami diatas yaa .

Bila diare tidak juga berhenti lebih dari 1 hari , apalagi feses berbentuk cair seperti air , bisa juga berbuih putih seperti air soda, atau feses berlendir putih , berbau busuk , plus ketambahan nyeri diperut terasa melilit tak tertahankan , sebaiknya  segeralah  berkonsultasi dengan dokter guys , bisa jadi itu bukan diare biasa, tapi bisa  jadi itu  gejala disentri,  muntaber atau infeksi sekitar pencernaan , kalo sudah begitu biasanya dokter akan memberikan obat  antibiotik dan obat penunjang lainya .

 

Check Also

Minyak Zaitun Atasi Gula Darah Dan Perbaiki Kerja Pankreas

Terapi Mengatasi Gula Darah (Muhammad Zahroni di Madinah Munawwarah) Allah berfirman dalam surat At-Tin (95:1-4): ...

...