Home / Artikel Kesehatan / INILAH PERTOLONGAN PERTAMA YANG WAJIB DILAKUKAN SAAT TERJADI INSIDEN “LIDAH TERTELAN”!
INI LAH PERTOLONGAN PERTAMA YANG WAJIB DILAKUKAN SAAT TERJADI INSIDEN LIDAH TERTELAN!
INI LAH PERTOLONGAN PERTAMA YANG WAJIB DILAKUKAN SAAT TERJADI INSIDEN LIDAH TERTELAN!

INILAH PERTOLONGAN PERTAMA YANG WAJIB DILAKUKAN SAAT TERJADI INSIDEN “LIDAH TERTELAN”!

Pernah denger gak ada orang meninggal dunia gara gara menelan lidah, agak aneh ya dengernya tapi memang ada sih kasus seperti itu. Biasanya hal tersebut terjadi pada pemain sepak bola, dan orang yang mengalami benturan hebat pada kepala dan area mulutnya sehingga mengakibatkan lidahnya menjadi lemas lalu tergigit, sehingga saking lemesnya itu lidah akhirnya masuk ke dalam tenggorokan sebenarnya bukan sampe tertelan sih, hanya saja lidah tersebut lemas sehingga memblok jalur pernapasan ( (hulu kerongkongan dan/atau trakea dan/atau batang tenggorokan) orang tersebut, Dalam istilah international hal ini dinamakan “tongue swallowing”. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang terkena guncangan atau tekanan mulut, bisa pada  atlit bela diri, tinju dll, biasanya terjadi karena  terkena tendangan atau apapun yang membuat guncangan hebat pada daerah mulut dan sekitar.

Kalo sudah terjadi seperti hal tersebut maka si penderita akan mengalami susah bernapas bahkan sampe kejang, dan tidak sadarkan diri . hal ini pernah  terjadi pada kasus pemain sepak bola dunia pada final piala liga Inggris 2007 ( dulu namanya carling cup  kalo sekarang namanya piala FA ) waktu itu sedang berlangsung antara arsenal dan chelsea, saat itu John Terry yang berusaha menyundul bola dengan menjatuhkan badan (diving header), kepalanya tidak sengaja tertendang oleh Abou Diaby. Setelah mendapatkan penanganan medis, John Terry akhirnya dibawa kerumah sakit. Adalagi kejadian pemain rusia kapten Dinamo Kiev yang bernama Oleg Gusev, karena dia terkena tendangan tidak sengaja oleh lawanya pada saat berebut bola akhirnya Oleg Gusev mengalami lidah tertelan dan hal ini langsung di ketahui oleh teman teman nya, salah satu rekan nya Jaba Kankava yang langsung membantu Gusev untuk bisa bernafas dengan memasukan jari nya ke dalam tenggorokan si Gusev akhir nya Gusev dapat tertolong tapi naas tangan Jaba Kankava mengalami cidera berat karena tergigit oleh gigi Oleg Gusev.

Jadi guys…… langkah apa ya yang harus kita lakukan pada saat mengalami hal tersebut entah itu pada teman kita kah ? Atau bahkan anak yang sedang bermain, semua bisa terkena insiden semacam itu, langkah pertama yakni:

  • Pada saat terjadi tertelannya lidah maka saluran pernapasan akan tertutup guys, langkah pertamanya jangan sampe dibawah 3  menit, jadi begitu ada kejadian tersebut telentangkan korban lalu dengan cara memaksa mengangkat dagu dan kepala dalam waktu bersamaan teknik ini disebut juga “head tilt-chin lift” lebih jelasnya kalian bisa buka di youtube dalam bentuk visualnya.
  • Cara kedua yakni dengan memasukan benda khusus untuk mendorong atau menarik lidah agar saluran pernapasan dapat terbuka kembali.
  • Jangan memasukan jari ke dalam mulut korban karena itu akan membuat lebih susaah korban membuka jalur pernapasannya lagi dari lidahnya. Dan resiko lainya si penolong yang memasukan jari akan tergigit dengan kuat oleh si korban.

Selain pertolongan diatas bila tidak dapat dilakukan , maka bergegaslah menuju rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan yang cepat.

Nah guys dari insiden mengerikan seperti itu sebaiknya untuk lebih jelas nya dalam hal pertolongan pertama terutama pada teknik “head tilt-chin lift” sebaiknya kalian melihat langsung melalui youtube, gak akan menguras kuota kok guys karena cuma 38 detik aja, dengan mempelajari teknik tersebut bukan tidak mungkin bila kita menemui hal hal yang tidak kita inginkan tersebut minimal kita punya pengetahuan bagaimana menyelamatkan hidup seseorang yang tingkat sadarnya hanya tersisa 3 menit.

Semoga bermanfaat ya 🙂

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...