Home / Apotik Hidup / Jangan Buang Biji Dan Kulit Salak! Khasiat Nya Bikin Takjub!
jangan Buang Biji Dan Kulit Salak, Khasiat Nya Bikin Takjub
jangan Buang Biji Dan Kulit Salak, Khasiat Nya Bikin Takjub

Jangan Buang Biji Dan Kulit Salak! Khasiat Nya Bikin Takjub!

Buah salak udah gak asing lagi bagi kita orang indonesia , buah salak emang aseli lahir dari tanah Indonesia guys, maka berbanggalah kita, karena  mempunyai banyak jenis buah yang hanya ada di negeri tercinta ini , dan diluar negeri gak ada guys. Snake fruit julukan orang luar negeri untuk si buah  salak , ya  karena emang kulitnya kaya sisik ular ya guys , nah  kita kalo  makan buah salak , buka kulit kasarnya  and then melintirin kulit ari nya dan  itu mengasyikan ya , tapi seiring perkembangan informasi kesehatan mengatakan kulit ari jangan dibuang karena bikin susah BAB, so gak jadi deh melintirin kulit ari buah salak , daripada kena sembelit ya gak ,  padahal seninya makan buah salak terletak  disitu ya guys,  anyway kali ini kita gak bahas kulit ari dari buah salak , kali ini kita akan membahas kulit berwawarna cokelat keras pada salak dan juga bijinya , yang mana kebiasaan kita adalah membuang keduanya, karena kita anggep itu gak penting. Padahal sebenarnya  kedua bagian itu mempunyai khasiat tersendiri untuk menyembukan beberapa penyakit lo guys, mau tau kandungan didalam kulit salak dan biji nya apa aja , yuk simak penjelasan berikut.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh  Pusat Studi Biofarmaka universitas IPB  Bandung, mengatakan bahwa kulit buah salak dapat menyembuhkan penyakit diabetes. karena didalam kulit salak yang bersisik itu guys,  telah ditemukan beberapa kandungan bermanfaat  baik bagi penderita diabetes. Diantaranya adanya zat  Ferulic Acid dan Proline yaitu  senyawa yang mendorong terbetuknya kolagen dan elastin (dua unsur penting untuk memulihkan jaringan) ,  terus ada lagi nih guys,  yang tugas nya memperbaiki pankreas pada penderita diabetes type 1 , senyawa tersebut bernama  Cinnamic acid derivatives.  Selain itu guys,  kandungan dalam kulit salak  terdapat  senyawa yang bernama Arginin , yang fungsinya menstimulir pembelahan sel dan memperkuat  bio sintesa protein. zat ini bermanfaat  menormalkan sel sel tubuh agar  responsif pada insulin. yang mana manfaat ini sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes type 2 guys.  Dan yang terakhir ini guys yang paling tok cer buat penderita diabetes , yaitu ada zat didalam kulit buah salak yang fungsinya  berperan langsung  menurun kan kadar gula dalam darah , zat tersebut bernama Pterostilbene.

 

Cara Mengolah Kulit Salak

Caranya : ambil beberapa kulit salak,  pilihlah kulit salak  yang mengkilap ya guys , lalu ambil 1 liter air , rebus kulit salak menggunakan panci tanah liat, jangan pake panci  alumunium atau besi. Lalu rebus dengan api kecil sampe mendidih ,  dingin kan lalu disaring dan minum airnya.  Dosis air rebusan dalam sehari hanya boleh  1 liter  saja , dan kulit  sisa rebusan tidak bisa dipake lagi. Lakukan sampai 2 minggu tanpa putus ya guys , dan buktikan diabetes yang sering kali melonjak naik akan menjadi normal, dan selain itu tekanan darah bakalan stabil.

 

Itu tadi kandungan  dan khasiat yang terdapat pada kulit kasar si buah salak , nah kalo bijinya bagaimana ?? Menurut penelitian kandungan didalam biji salak  ternyata bisa menyembuhkan asam urat , mencegah kanker , penyakit jantung dan  menjaga kesehatan mata. Kelebihan biji salak  yaitu mengandung polifenol yang berperan sebagai anti oksidan  yang baik untuk kesehatan.  Antioksidan dalam polifenol selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, asam urat , pembuluh darah  dan kanker.  Baru baru ini diketahui bahwa kandungan polifenol dalam biji salak dapa jugat mengobati penyakit alzheimer . Ada lagi nih guys yang gak kalah pentingnya  yaitu dalam satu buah biji salak terdapat kadar protein 4,22%, dan kadar karbohidrat sebesar 38,9%, kandungan  biji salak juga dapat menyerap  kromium 4 , apalagi tuh ? jadi  makin bingung ?  Kromium  adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cr dan bernomor atom 24.  Kromium trivalen  diperlukan dalam jumlah kecil dalam metabolisme gula pada tubuh kita. Kekurangan kromium trivalen dapat menyebabkan penyakit yang disebut chromium deficiency ( penyakit kekurangan kromium)  Begitu pula apabila kelebihan kromium   akan mengakibatkan darah tinggi dan asam urat. nah cara mengolah biji salak sendiri bagaimana? yaitu dengan dijadikan sebagai serbuk atau bisa juga dijadikan kopi. 

 

Cara Mengolah Biji Salak

Caranya : siap kan 100 gram biji salak pondoh, hancurkan sehingga berbentuk kepingan , lalu jemur selama beberapa hari sampe benar-benar kering ya guys . Kemudian sangrai biji salak seperti menggoreng kopi, sekitar 2 jam biji salak akan matang , perhatikan betul perubahan warna biji salak ya guys, jangan sampai gosong , rasanya bakalan pait  banget kalo gosong. Setelah disangrai , haluskan menggunakan blender , atau bisa juga di tumbuk , sampai mendapati biji salak benar-benar halus . setelah itu baru bisa di seduh dengan air panas , rasanya seperti kopi guys , tapi beda cita rasa. Selamat Mencoba.

 

Check Also

Kupas Tuntas Pemakaian Garam Untuk Meruqyah

  Berkaitan soal Garam ini  dalam buku karya ustad Musdar tambusai , berjudul Ensiklopedia jin ...

...