Home / Artikel Kesehatan / Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!
Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas
Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa kongkow bareng walaupun sekedar cuma ngopi, aaelaah lama gak ketemu masa iya cuma ngopi doang, jangan kaya orang susah laah hahaha ( padahal sama bokeknya šŸ˜› ) nah kalo ketemu sahabat yang tukang ngocol jawabanya pasti gitu ya guys, dan momen tersebut , saat kita bisa bercanda ketawa barengĀ  semua itu benar benar membuat mod kita berubah, yang tadinya galau abis diputusin ama si mantan bakal ilang deh sedihnya, semua itu karena apa hayooo? semua itu karena kita bisa tertawa lepas alias ngakak. Tau gak sih guys kalo kita bisa ketawa lepas banyak yang terjadi didalam tubuh kita dan itu amat sangat baik untuk kesehatan, sepele sih emang, tapi reaksi yang ada didalam tubuh kamu tidak bisa dikatakan sepele dan kalo kamu udah tau manfaat ketawa ngakak, mungkin kamu akan selalu berusaha setiap hari untuk bisa tertawa lepas meeskipun itu hanya sekali šŸ™‚ penasaran??Ā  simak penjelasan berikut

Seringnya Orang tua dan tradisi kita melarang kita untuk tertawa ngakak, gak ilok kalo bahasa jawa nya alias gak sopan, kalo bisa ditutup mulutnya kalo pas ketawa, sekarang kalo mau di telaah ya guys, yang namanya ketawa lepas itu kan artinya reflek ada sesuatu yang kita anggap lucu atau mengguggah sense of humor kita ya otomatis secara reflek atauĀ  gak sadar mulut kita akan terbuka dan yang terjadi dalam tubuh adalah ketika kita ketawa ngakakĀ  maka diafragma, abdomen, saluran pernafasan, muka, kaki dan bagian belakang badan secara tidak langsung ā€˜digerakkanā€™ serentak untuk bekerja dan itu sebenarnya membakar kalori lo.. Dan menurut penelitian orang yang tertawa 100 kali dalam sehari dalam artian gak harus ngakak ya guys, ternyata mempunyai manfaat yang sama dengan kita melakukan senam selama 10 – 15 menit, hal ini membantu merangsang proses pemulihan dengan merendahkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah.

Saat kita ketawa lepas tubuh akanĀ  menghasilkan sel-T yaitu sel darah putih dan sejenis protein yang penting dalam sistem pertahanan tubuh. Selain itu ada satu gelombang elektrik mengalirĀ  kedalam otak. termasuk pada bagian otak yang mengelola emosi, kecerdasan dan gerak, dan itu saling berhubung ketika kita ketawa.

Point pentingnya guys, saat kita ketawa ada banyak gerakan dan perubahan yang terjadi dalam tubuh kita. Mulai dari bagian otak, hormon, pembuluh darah, otot sampai organĀ  lainya. Jadi ketawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita guys dan menurunkan tekanan darah, detak jantung dan mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam tubuh, kadar hormon stres pun berkurang, jantung dan sistem peredaran darah lebih sehat, serta otot menjadi lebih rileks. Tak heran bila orang yang sering tertawa dikatakan akan awet muda hal itu disebabkan tekanan stres nya berkurang, gerakan ketawa menarik otot otot diwajah guys sehingga mencegahĀ  kerutan dan kulit wajah jadi kencang. Naah luar biasa kan efek ketawa ini guys dan yang paling takjub lagi nih guys menurut penelitian yang dilakukan oleh Michael Owen dari Georgia State University dan Tobias Riede dari University of Utah (peneliti tawa) mengatakan bahwa efek orang lain mendengar kita ketawa ngakak meskipun orang itu gak ngerti apa yang buat kita sampe ketawa ngakak, ajaibnya orang yang mendengar pun akan ikut ketawa guys, kok bisa yaah ?? Karena mereka yang mendengarkan akan mempunyai imajinasi sendiri tentang hal lucu dalam pikiran mereka sehingga membuat mereka juga ikut tertawa, artinya nih guys dengan kamu tertawa maka kamu telah menularkan kebahagiaan kepada orang yang mendengar alias menggugah gairah seseorang untuk ikut tertawa pula dan ini sangat positif guys.

Nah udah pada tau kan kenapa orang yang seringĀ  ketawa itu lebih nyantai hidupnya, alias bebas dari tekanan, maka sering seringlah ketawa bersama teman teman kamu tapi yang perlu diperhatikan jangan keseringan ketawa pas lagiĀ  sendirian ya guys, ngerii juga yang liat nanti dikirainĀ  ketawa sama makhluk lain šŸ˜€Ā  Semoga bermanfaat šŸ™‚

 

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...