Home / Artikel Kesehatan / JANGAN MINUM KOPI PADA WAKTU-WAKTU BERIKUT INI, ATAU RASAKAN SENDIRI AKIBATNYA!

JANGAN MINUM KOPI PADA WAKTU-WAKTU BERIKUT INI, ATAU RASAKAN SENDIRI AKIBATNYA!

1. Ngopi Di Pagi Hari
Minum kopi di pagi hari sebagai sarapan sudah menjadi rutinitas nyaris semua orang. Namun ternyata, pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk ngopi, lho. Pada pagi hari, kadar kortisol dalam tubuh secara alami akan tinggi. Ini bertujuan agar kita bisa bangun tidur.

Jadi, jika bangun tidur Anda langsung minum kopi, sebetulnya Anda sedang bersaing dengan kemampuan alami tubuh untuk membuat Anda terjaga.

Apa akibatnya jika minum kopi di pagi hari?

– Meningkatnya Tingkat Stres dan Kegelisahan
Kortisol kafein + kortisol alami = terlalu banyak kortisol! Yang mana hal ini berarti, bukannya menambah energi dalam tubuh, Anda malah akan membuat diri sendiri jadi waswas.

– Jadi Lebih Toleran Terhadap Kafein
Meningkatnya daya tahan terhadap kafein berarti tubuh Anda akan menginginkan dosis yang lebih dan lebih untuk mencapai efek optimal dari zat tersebut. Cepat atau lambat, satu cangkir kopi tidak akan mempan lagi buat Anda, lalu naik jadi dua, tiga…bahkan seterusnya.

2. Minum Kopi Saat Perut Kosong
Jangan minum secangkir kopi pun bila Anda belum makan dan perut Anda sedang kosong. Hal ini dapat mengiritasi dinding lapisan lambung dan usus, bahka sampai berpengaruh pada sistem saraf Anda.

Selain itu, minum kopi saat perut kosong bisa memicu asam lambung naik. Akibatnya, maag pun kambuh.

3. Minum Kopi 3-4 Jam Sebelum Tidur
Hindari juga minum kopi terlalu sore atau malam. Efeknya, Anda akan bisa bertahan terjaga selama berjam-jam sehingga waktu beristirahat terganggu. Hal ini tentu akan mengarahkan Anda pada gelisah, tidur tidak nyenyak, atau insomnia.

Ngopi boleh, tapi tahu waktu, ya!

Check Also

Ilmuwan Buktikan Kurma Ajwa Mengatasi Sihir dan Dengki

Terkait dengan Sihir ,para pakar telepati inggris menyampaikan hasil penelitian di sebuah majalah telepati , ...

...