Home / Artikel Kesehatan / Jangan Panik, Jerawat Bikin Anda Lebih Awet Muda!

Jangan Panik, Jerawat Bikin Anda Lebih Awet Muda!

Studi yang dilakukan oleh King’s College London dengan melibatan 1.600 orang kembar mengungkapkan, jerawat bisa menciptakan ‘topi’ di ujung kromosom (telomere) yang dapat melindungi DNA dari kerusakan. Studi ini menemukan, ternyata kehadiran jerawat bisa membuat wajah lebih awet muda. Orang yang berjerawat di masa mudanya, cenderung tidak memiliki masalah dengan kerutan di wajah ketika menua.

Saat mereka menua, para penderita jerawat ketika remaja justru tidak terlalu bermasalah dengan kerutan atau keriput di wajah mereka. Selain itu, orang yang berjerawat saat puber justru punya kulit yang lebih sehat di masa depan.

Studi di London ini melibatkan 1.205 saudara kembar wanita. Para peneliti melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel dari responden. Hasilnya, orang yang berjerawati semasa muda ternyata menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih sedikit, bahkan tidak sama sekali, jika dibandingkan dengan orang di usia yang sama, yang jarang mempunyai jerawat. Tanda penuaan ini misalnya adalah kulit keriput dan kering,

Hal ini disebabkan oleh produksi minyak yang dihasilkan oleh orang berjerawat lebih banyak. Namun, dari hasil pemeriksaan gen yang dilakukan, peristiwa ini juga dipengaruhi oleh perbedaan struktur gen.

Orang yang berjerawat memiliki telomeres yang lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berjerawat. Telomeres adalah bagian ujung kromosom – untaian dari DNA-DNA – dan memiliki fungsi untuk melindungi DNA dari proses penuaan.

Telomeres dapat menyusut dan terurai dengan alami saat usia sel tubuh bertambah tua. Hal itu akan secara otomatis terjadi dan merupakan tanda-tanda dari proses penuaan.

Bagi orang yang memiliki telomeres lebih panjang, proses kematian sel menjadi lebih lama terjadi. Oleh sebab itu, seseorang yang berjerawat menjadi awet muda dan terhindar dari penuaan.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Kecanduan yang Manis-manis? Ini 6 Cara Sehat Untuk Atasi Kecenderungan Konsumsi Gula!

Candu terhadap gula adalah musuh terburuk bagi siapapun! Kadar gula yang cukup tentu saja akan ...

...