Home / Artikel Kesehatan / Kabar Baik! Ini 5 Alasan Mengapa Mengunyah Makanan Lebih Lama Baik Untuk Anda

Kabar Baik! Ini 5 Alasan Mengapa Mengunyah Makanan Lebih Lama Baik Untuk Anda

Brian Wansink, PhD dari bagian makanan dan merek Universitas Cornell menemukan bahwa orang-orang yang memiliki berat badan ideal akan mengunyah setidaknya 15 kali dalam satu suapan. Sedangkan mereka yang kelebihan berat badan hanya mengunyah 12 kali dalam satu suapan. Meskipun berbeda tipis namun membawa dampak yang cukup besar.

Nyatanya, mengunyah makanan lebih lama bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan Anda, lho.

Mengapa demikian? Berikut alasannya!

1. Menyerap Lebih Banyak Nutrisi dan Energi Dari Makanan Anda

Mengunyah makanan lebih lama akan membuat makanan menjadi lebih halus dan lebih mudah dicerna. Hal ini juga membuat usus Anda lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan tersebut saat melewatinya.

2. Menjaga Berat Badan

Semakin lama Anda mengunyah, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan makanan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa makan dengan perlahan dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit, sehingga menghindari terjadinya penambahan berat badan. Misalnya, mengunyah makanan Anda dua kali lebih lama dari biasanya akan membantu mengontrol porsi makanan yang Anda konsumsi. Secara otomatis, hal ini tentu mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

3. Baik untuk Gigi Anda

Tulang yang menyusun gigi akan mendapatkan ‘latihan’ saat Anda mengunyah, membantu membuat gigi tetap kuat. Air liur yang dihasilkan saat mengunyah juga bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut atau di sela-sela gigi Anda. Hal ini menghindari munculnya bakteri yang memungkinkan terjadinya plak dan kerusakan gigi.

4. Kelebihan Bakteri Pencernaan

Bila Anda tidak mengunyah makanan hingga cukup halus karena terburu-buru, makanan tersebut masih harus dicerna oleh usus Anda. Di sana, bakteri akan mulai memecah dan menguraikannyanya. Jika bakteri yang diproduksi terlalu banyak, akan berpotensi menyebabkan terbentuknya gas penyebab kembung, diare, konstipasi, sakit perut, kram dan masalah pencernaan lainnya.

5. Menikmati Makanan dengan Rasa Syukur

Jika Anda terburu-buru makan sampai hampir tidak mengunyahnya, Anda tidak akan menikmati rasa dari makanan tersebut. Bila Anda meluangkan waktu untuk mengunyah makanan dengan benar, Anda akan makan dengan lebih perlahan dan khidmat , menikmati setiap potongan dan sangat menikmati semua rasa yang ditawarkan makanan Anda. Dan tidak lupa, bersyukur atas nikmat-Nya.

Lantas, bagaimana tips agar kita tidak makan terlalu cepat?

Berikut ini ada tips jitu bagi Anda yang ingin mengunyah lebih lama:

Untuk mengurangi porsi makanan yang masuk dalam tubuh. Saat mengunyah Anda harus meletakkan peralatan makan. Jadi saat mulut sedang mengunyah, letakkan dulu sendok dan garpu di atas piring dan kunyah makanan sampai lembut dengan perlahan.

Setelah menelan makanan tersebut, baru ambil lagi sendok dan garpu dan lanjutkan terus metode ini sampai makanan habis. Ini akan membantu Anda agar tak tergoda untuk memasukkan makanan saat mulut masih mengunyah. Dengan begini, Anda akan bisa mengontrol jumlah makanan yang masuk.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...