Home / Artikel Kesehatan / Kompres Payudara Dengan Kubis Meredakan Nyeri Dan Bengkak Bagi Ibu Menyusui
Kompres Payudara Dengan Kubis Meredakan Nyeri/Bengkak Bagi Ibu Menyusui
Kompres Payudara Dengan Kubis Meredakan Nyeri/Bengkak Bagi Ibu Menyusui

Kompres Payudara Dengan Kubis Meredakan Nyeri Dan Bengkak Bagi Ibu Menyusui

Pada saat mempunyai bayi biasanya bila si ibu menyusui anaknya pertama kali, minggu-minggu pertama adalah cobaan terberat, kenapa?? Mungkin nyeri pada payudara hadir pada ibu menyusui karena perlekatan puting dan mulut bayi tidak pas sehingga mengakibatkan  payudara terutama pada daerah puting akan lecet, bahkan saking sakitnya kebanyakan para ibu saat menyusui anaknya tak jarang sampai mengeluarkan air mata. Gimana gak sakit udah bengkak karena payudara memproduksi ASI,  ditambahi lagi kalo salah posisi menyusui maka terjadilah lecet pada puting. Untuk beberapa saat puting mulai membaik eh si dedek udah nangis lagi minta mimik ASI lagi, nah itu dia yang kadang sampe bikin netesin air mata yaa, periih banget rasanya . Tapi tidak semua para ibu mengalami hal lecet pada putingnya, kalo posisi menyusui bayinya udah tepat maka gak mungkin terjadi lecet pada puting. Hal yang paling umum terjadi pada pasca melahirkan yaitu  payudara bengkak membesar dari ukuran semula, bahkan sangking bengkak nya tak jarang para ibu sampe mengalami demam ( kalo istilah bahasa  jawa “ngerangsemi” ) semua wanita pasti akan mengalami hal tersebut. Tapi jangan khawatir ya para ibu, karena  kabar baiknya adalah mulai sekarang para ibu  yang baru punya baby  bisa  bernapas lega karena ada beberapa tips untuk meredakan payudara yang bengkak  tersebut dengan cara yang praktis pula, langsung aja simak penjelasan dibawah ini .

  • Gunakan Air Dingin

Ambil waslap lalu usapkan pada area payudara yang bengkak, cara ini dapat meredakan nyeri  dan  bengkak pada payudara.

  • Menggunakan Sayuran Kubis

Sayuran kubis yang sudah di bersihkan dengan air mengalir, lalu di tiriskan, masukan dalam lemari dingin selama 10 menit setelah itu letakan sayuran kubis pada bra ibu menyusui,diamkan selama 20 menit. Lakukan terus sampai bengkak dan nyeri mereda, untuk pemakaian kedua sayuran kubis bisa diganti dengan yang baru. Bila rajin menggunakan sayuran ini sebagai kompres  maka  nyeri dan bengkak pada payudara akan segera mereda.

  • Gunakan Akupuntur

Bila merasa tidak kuat menahan bengkak pada payudara maka sang ibu bisa meminta jasa akupuntur untuk meredakan bengkak pada payudaranya.

 

Dari tips diatas sebenarnya yang paling murah meriah adalah menggunakan kubis, kenapa? Karena didalam sayuran kubis terdapat zat anti inflamasi alias anti radang, yang mana sangat tepat bila digunakan saat terjadi pembengkak an payudara. Selain dijadikan kompres alami, sayuran kubis dapat di konsumsi agar khasiatnya lebih maksimal entah dimakan secara langsung ataupun dibuatkan menjadi sup.

Selamat mencoba 🙂

 

 

 

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...