Home / Artikel Kesehatan / Konsumsi Herbal INI Sebelum Tidur dan Bangun Dengan Segar Bugar Besok Hari!

Konsumsi Herbal INI Sebelum Tidur dan Bangun Dengan Segar Bugar Besok Hari!

Tahukah Anda? Madu telah dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur sejak zaman kuno.

Para tabib dari China menyarankan untuk mengonsumsi madu setiap malam, sedangkan oran-orang Eropa menganjurkan untuk mengkonsumsi secangkir susu hangat yang dicampur 1 sdt. madu sebelum tidur. Selain itu, menurut pengobatan tradisional Meksiko, 1 sdt. madu mentah organik yang ditambahkan ke secangkir teh hangat dipercaya dapat membuat tidur Anda makin nyenyak.

Benarkah demikian?

Bagaimana madu bisa membuat tidur lebih nyenyak?

Menurut seorang penulis Skotlandia, peneliti, dan apoteker, Mike McInnis, madu dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jika dikonsumsi sebelum tidur, madu memiliki kemampuan untuk :

  • Membantu menyimpan cadangan glikogen dalam hati dengan jumlah yang tepat selama sekitar 8 jam tidur, sekaligus mencegah atau menghambat keluarnya 2 macam hormon stres, misalnya adrenalin dan kortisol.
  • Mengatur kadar gula darah.
  • Merangsang produksi melatonin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk membangun kembali sekaligus memulihkan jaringan tubuh selama Anda beristirahat.
  • Metode ini dikenal dengan siklus HYMN (siklus honey-insulin-melatonin), yang dimulai dengan konsumsi beberapa sendok makan madu satu jam sebelum tidur.

Nah, jika Anda minum 1-2 sdm. madu mentah dan organik sebelum tidur, inilah yang terjadi pada tubuh Anda:

  • Jumlah glukosa yang terdapat dalam madu masuk dan melalui sirkulasi hati dan sirkulasi darah Anda, sehingga menghasilkan peningkatan kadar glukosa/gula ringan dalam tubuh.
  • Kenaikan gula darah yang ringan menyebabkan produksi insulin yang terkontrol dari pankreas Anda.
  • Jika ada insulin dalam sirkulasi darah, triptofan akan masuk ke dalam otak Anda.
  • Tryptophan berubah menjadi serotonin, yang merupakan hormon yang menimbulkan relaksasi. Hormon inilah yang membuat Anda merasa rileks dan tenang.
  • Dalam suasana gelap, kelenjar pineal Anda mengubah serotonin menjadi melatonin.
  • Melatonin ini dapat mengatur suhu tubuh dan mekanisme lainnya, sehingga membuat Anda tidur dengan nyenyak dan ‘dalam’. Selain itu, minum madu bisa menghalangi pengeluaran insulin berlebih dari pankreas Anda, yang mana bisa mencegah terjadinya penurunan kadar gula darah Anda dengan cepat.
  • Melatonin juga bisa merangsang produksi hormon pertumbuhan. Melatonin berperan dalam membangun kembali, memperbaiki, dan memelihara otot, tulang, maupun banyak jaringan tubuh lainnya. Inilah mengapa madu bisa menjaga kualitas tidur Anda tetap baik.
Bagaimana cara mengonsumsi madu yang benar agar kualitas tidur terjaga dan terhindar dari insomnia?
Untuk mendapatkan tidur berkualitas dendan madu, Anda bisa lakukan cara-cara berikut ini:
  1. Minumlah secangkir teh hangat dan satu sendok teh madu 1-2 jam sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan cengkeh ke dalamnya.
  2. Buatlah campuran satu setengah gelas jus jeruk dan air hangat. Tambahkan juga 2 sdm. madu, dan konsumsilah sebelum tidur.
  3. Siapkan secangkir susu hangat dan tambahkan madu secukupnya. Minum sebelum tidur dan bangun dengan segar bugar esok harinya.

Tips lain : Anda juga bisa menggunakan madu untuk berendam sebelum tidur. Caranya, buat campuran 5 tetes minyak lavender dan 2 ons madu. Cukup tuangkan beberapa sendok makan campuran tersebut ke dalam air hangat yang telah disiapkan untuk mandi. Berendamlah selama kira-kira 15 menit. Ini dapat merilekskan tubuh dan pikiran, serta membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...