Home / Artikel Kesehatan / Lakukan Cara-cara Ini, Kram Kaki Hilang Dalam Sekejap! Nomor 4 dan 5 Jarang Diketahui

Lakukan Cara-cara Ini, Kram Kaki Hilang Dalam Sekejap! Nomor 4 dan 5 Jarang Diketahui

Ketika Anda sedang asyik beraktivitas, kaki mendadak terasa kaku dan sakit bila digerakkan. Kram mendadak melanda, dan Anda tidak tahu harus berbuat apa.

Namun, apa sih sebenarnya yang dinamakan kram itu? Kram adalah kontraksi tiba-tiba dari sebuah atau beberapa otot. Kontraksi atau kejang mendadak inilah yang menyebabkan kram terasa sakit. Beberapa hal bisa menyebabkan kaki Anda kram, termasuk dehidrasi atau ketidakseimbangan diet.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika Anda mengalami kram?

1. Pijat kaki Anda. Bagi banyak orang, reaksi pertama saat mengalami kram kaki adalah memijat area yang kram. Ini tindakan yang tepat dan pintar! Anda bisa menggunakan sentuhan keras atau lembut, manapun yang terbaik untuk Anda.

2. Lakukan peregangan. Ini sering dilakukan oleh atlet-atlet yang mengalami kram di lapangan. Saat kram kaki menyerang, coba lakukan peregangan. Luruskan kaki Anda, kemudian tarik jari-jari kaki ke belakang hingga telapak kaki menghadap ke langit. Lakukan gerakan ini sekitar satu menit. Gerakan tersebut membantu mengalirkan darah sehingga dapat meringankan kram.

3. Oleskan minyak gosok atau pasang koyo. Oleskan minyak gosok atau pasang koyo pada kaki Anda yang kram. Buatlah sensasi nyaman dan hangat, tapi jangan terlalu panas agar tidak mengiritasi kulit. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akan hilang dalam beberapa menit. Jika sakitnya tidak mereda setelah 10 menit, lepaskan koyo dan tunggu 20 menit, lalu aplikasikan lagi.

4. Rendam kaki dengan air hangat dan garam. Cara ini tergolong yang paling mudah. Anda bisa  merendam kaki yang kram di dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan garam selama 15 menit. Pijat-pijat telapak kaki Anda secara lembut. Kram pun akan segera hilang setelahnya.

5. Minum cuka sari apel. Ini mengandung cuka, yang terdiri dari asam asetat. Asam ini membantu tubuh membuat asetilkolin, yang merupakan neurotransmiter yang membantu otot kita bekerja. Semakin banyak asetilkolin yang Anda miliki, semakin baik fungsi otot Anda. Caranya, larutkan dua sendok teh cuka sari apel dengan madu, kemudian minum. Pengobatan cuka ini bekerja dengan sangat baik sehingga para atlet sering melakukannya juga.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...