Home / Apotik Hidup / MAKAN MICIN BIKIN BODOH?? INI DIA FAKTANYA
MAKAN MICIN BIKIN BODOH ?? INI DIA FAKTANYA
MAKAN MICIN BIKIN BODOH ?? INI DIA FAKTANYA

MAKAN MICIN BIKIN BODOH?? INI DIA FAKTANYA

Pernah gak guys dengar ortu kita bilang gini : jangan dimakan itu tong, tuh makanan banyak micinnya bikin bodoh, bikin kanker , bikin penyakit dan bla bla bla.

Sebenernya  apa yang di maksud orang tua mungkin bentuk kasih sayang, bentuk perlindungan atau pencegahan,agar si anak tetep makan makanan yang bergizi dan sehat. Tidak menampik kenyataan juga , bahwasanya rumor yang beredar di mayarakat luas emang begitu adanya guys, yang berhubungan dengan micin atau msg pasti gak jauh dari efek buruk bagi kesehatan. Nah  ada pertanyaan menarik nih guys , kalo memang benar micin itu berdampak buruk bagi kesehatan, lantas kenapa msg atau micin masih diproduksi ? Sedangkan fakta nya nih guys,  di jepang rata rata masakan nya menggunakan micin atau msg, dan tidak kita pungkiri orang jepang rata rata cerdas  ya kaan,  jadi mana yang bener nih?  kok mereka  gak bodoh , padahal makan micin tiap hari.

Sebelum jawab pertanyaan tersebut , mending kita bahas dulu kali ya,  apa sih isi kandungan didalam satu bungkus micin kecil yang biasa dibuat masak. Micin atau msg sebenarnya mengandung zat yang diberi nama glutamat ? apa itu glutamat? yaitu asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, berperan sebagai pembentuk protein, nah apa lagi fungsinya selain itu ? Yakni membantu pengiriman sinyal-sinyal dalam otak,  glutamat juga membantu otak tetap berkonsentrasi alias fokus dan juga  menguatkan ingatan. Adalagi nih guys ternyata glutamat  juga bisa memudahkan  otak ketika kita mempelajari hal-hal baru. Selain itu, glutamat sendiri memang zat yang bisa membuat makanan jadi lebih lezat, dia merupakan penyedap rasa alami. Bahan makanan yang biasanya mengandung glutamat antara lain adalah  tomat, jamur, keju, daging dan kecap.

Lalu micin kemasan pabrik diluaran sana  terbuat dari apa tuh ? Nah kalo micin yang diproduksi pabrik terbuat dari tetes tebu atau tepung tapioka. Produksinya sendiri dijalankan melalui fermentasi mikroba, fermentasi dengan mikroba adalah metode yang umum digunakan untuk mengolah makanan  seperti tempe, keju, dan tape dll.

Dari proses pengolahan micin oleh pabrik memang terlihat aman untuk dikonsumsi guys,  namun akan beda cerita kalo dikonsumsinya secara berlebihan dalam arti udah gak aman lagi buat kesehatan.

Perlu diketahui  ya guys, dalam hal konsumsi permicinan ini, WHO concern juga loh pada kesehatan sesorang dalam mengkonsumsi micin, menurut WHO micin akan aman dikonsumsi jika tak melebihi 6 gram per harinya, sementara dari dalam negeri kita sendiri, Menkes RI merekomendasikan batas aman konsumsi micin sebanyak 5 gram.
Sekarang pertanyaan nya, berapa rata rata orang indonesia  dalam mengkonsumsi micin?  Ternyata , perharinya orang Indonesia hanya mengkonsumsi micin  sebanyak 0,65 gram, jauh banget ya guys , dari batas maksimal yang ditentukan.  Jadi sebenarnya peluang  kita untuk mengkonsumsi micin berlebihan masih sangat kecil sekali.

Nah jadi sebenernya micin itu bikin bodoh atau tidak yaa? Didalam sebuah wawancara, ahli gizi dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, beliau mengatakan kalo mengkonsumsi micin tidak akan membuat seseorang menjadi bodoh, hanya saja konsumsi micin memang harus dibatasi dan tidak boleh terlalu banyak, karena akan mengganggu kesehatan. (sumber tribun)

Dari uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan ya guys, bahwa sebenarnya micin tidak membuat kita menjadi bodoh . Micin akan berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi diluar batas kewajaran alias berlebihan, tidak hanya micin guys, apapun yang kita makan kalo jumlahnya berlebihan pastinya gak akan baik buat kesehatan kita yaa.

Check Also

Tahukah Anda? Ini 5 Tips Sahur Sehat di Bulan Puasa!

Bulan puasa sudah tiba. Sahur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh umat Islam di bulan ...

...